EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Preferensi Masyarakat Kabupaten Balangan Menjadi Peserta Asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan

Nurhayati, Nurhayati (2020) Preferensi Masyarakat Kabupaten Balangan Menjadi Peserta Asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (989kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pemerintah melalui BPJS Kesehatan berupaya untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Namun, keluhan terhadap buruknya layanan kesehatan menyebabkan minimnya partisipasi masyarakat dalam program BPJS Kesehatan. Minimnya partisipasi masyarakat disebabkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya minat terhadap sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi masyarakat Kabupaten Balangan menjadi peserta asuransi Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dalam bidang asuransi. Karenanya, untuk memperoleh data yang diperlukan penulis melakukan observasi dan membagikan angket kepada 100 orang responden yang telah ditetapkan sebagai sampel penelitian. Selanjutnya, hasilnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: Pertama, Preferensi masyarakat Kabupaten Balangan menjadi peserta asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan termasuk kategori sangat tinggi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa 100% masyarakat telah mengetahui program BPJS Kesehatan. Sumber pengetahuan melalui media massa seperti iklan BPJS Kesehatan di televisi, radio, dan koran sebesar 45%, informasi diperoleh dari keluarga/tetangga/teman sebesar 29%, dari sosialisasi yang dilakukan oleh petugas BPJS Kesehatan sebesar 10%, dari internet sebesar 9%, dan informasi dari petugas kesehatan baik dokter, perawat, atau bidan sebesar 7%. Sedangkan tingkat minat mencapai 100%. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat Kabupaten Balangan menjadi peserta BPJS Kesehatan adalah pertama, berasal dari faktor internal (dari dalam) terdiri dari: kebudayaan (persentase sebesar 91%), sosial (persentase sebesar 92%), pribadi (persentase sebesar 88%), dan psikologi (persentase sebesar 90%). Kedua, berasal dari faktor eksternal (dari luar) terdiri dari: produk (persentase sebesar 89,5%), harga (persentase sebesar 96%), tempat (persentase sebesar 91%), dan promosi (persentase sebesar 84,5%).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:57
Last Modified: 17 Jan 2020 02:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13521

Actions (login required)

View Item View Item