EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Integritas Ilmu: Kebijakan dan Penerapannya dalam Pembelajaran dan Penelitian di Beberapa Universitas Islam Negeri

Mujiburrahman, Mujiburrahman and Rusydi, Muhammad and Musyarrafah, Musyarrafah (2018) Integritas Ilmu: Kebijakan dan Penerapannya dalam Pembelajaran dan Penelitian di Beberapa Universitas Islam Negeri. Laporan Penelitian. Antasari Press, Banjarmasin.

[img] Text
46 Mujiburrahman.pdf

Download (7MB)
[img] Text
46 Mujiburrahman.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Tri Dharma perguruan Tinggi merupakan bentuk nyata seluruh perguruan tinggi di Indonesia dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas, tidak terkecuali Universitas Islam Negeri. Selain pengabdian masyaraka, bidang yang paling penting dari Tri Dharma tersebut adalah adanya penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran serta penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan oleh seluruh civitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa, merupakan jantung dari proses keberlangsungan Perguruan Tinggi itu sendiri. Komponen kualitas penelitian dan publikasi hasil penelitian juga merupakan salah satu kriteria penilaian sebuah perguruan tinggi yang diakui sebagai bagian dari universitas kelas dunia Oleh karenanya, penelitian dan pengembangan keilmuan sangat mempengaruhi eksistensi perguruan tinggi sebagai pusat kajian dan pengembangan ilmu tersebut. Selain itu, pendidikan dan pengajaran juga tidak kalah pentingnya bagi keberlagsuangan sebuah perguruan tinggi. Kualitas sebuah perguruan tinggi terlihat dari lulusan yang memiliki kompetensi yang akurat sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, dapat merespon permasalahan yang ada di masyarakat dan ikut terlibat dalam mencari solus bagi kemajuan bangsa. Cita cita luhur ini telah tertuang dalam Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tetang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3 yang berbunyi bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, cakap, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis serta bertaggungjawab. Tujuan ini tentu tidak lah bisa tercapai jika Perguruan Tinggi, khususnya Universitas Islam Negeri, tidak mengoptimalkan pencapaian kualitas pendidikan dan pengajaran.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Ahdie Anwary
Date Deposited: 15 Feb 2020 00:46
Last Modified: 15 Feb 2020 00:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13651

Actions (login required)

View Item View Item