EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Sikap Wara’ Menuntut Ilmu Menurut Burhan Al-Islam Az- Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim

Azzahra, Muriyani (2020) Sikap Wara’ Menuntut Ilmu Menurut Burhan Al-Islam Az- Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (370kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (849kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Permasalahan dalam skripsi ini adalah banyaknya orang yang memiliki ilmu namun tidak memiliki adab dikarenakan tidak mendapatkan kenikmatran manfaat dari ilmu yang sudah ia pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap apa saja yang termasuk dalam sikap wara’ menuntut ilmu menurut Syaikh Az-zarnuji dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim, yangmana Syaikh Az-Zarnuji adalah salah satu tokoh islam yang memberikan saran dan ujaran yang tertulis dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim untuk seorang penuntut ilmu agar dapat mendapatkan manfaat dari ilmu yang sedang dikaji. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dalam bentuk analisis isi yang mengkaji, mendiskripsikan, mengeneralisasikan atau menguraikan secara terperinci terhadap permasalahan yang dibahas berdasarkan buku-buku sesuai dengan objek penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu data primer dan data sekunder, data primer adalah data yang diambil dari sumber berupa suatu karya atau buku yang menjadi sumber utama dalam penelitian, sedangkan data sekunder adalah data yang diambil dari sumber suatu karya atau buku lain dari sumber data utama atau buku-buku dan sumber lain yang menjadi data penunjang sesuai dengan pembahasan yang diambil. Data primer dalam penelitian ini adalah kitab Ta‟limul Muta‟allim dan data sekundernya adalah buku-buku, journal, dan sebagainya yang membahas informasi berkaitan dengan data primer. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa sikap yang termasuk dalam bersikap wara’ menuntut ilmu menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim ada 5 yaitu: 1. Memelihara diri daripada kenyang, 2. Memelihara diri daripada banyak tidur, 3. Memelihara diri daripada banyak bicara sesuatu yang tidak bermanfaat, 4. Memelihara diri dari makan makanan pasar jika memungkinkan, 5. Menjauhi dari orang yang berbuat kerusakan, maksiat dan menganggur.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muriyani Muriyani Azzahra Muriyani Azzahra
Date Deposited: 28 Feb 2020 01:15
Last Modified: 28 Feb 2020 01:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13796

Actions (login required)

View Item View Item