EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan Keluarga Nelayan di Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru

Lukmana, Nur Ridha (2020) Bimbingan Keagamaan Keluarga Nelayan di Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (41kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (831kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (816kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Bimbingan keagamaan begitu penting di dalam keluarga, khususnya bimbingan keagamaan dari orang tua kepada anak usia 6-12 tahun, karena baik buruknya agama anak di usia tersebut bergantung pada baik buruknya bimbingan keagamaan dari orang tua, tidak terkecuali orang tua yang berprofesi sebagai nelayan di Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru. Keluarga nelayan Desa Rampa berpendidikan rendah dan tergolong keluarga pra sejahtera, sehingga penulis tertarik untuk mengetahui bimbingan keagamaan seperti apa yang dilakukan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 7 pasang orang tua, objeknya adalah bimbingan keagamaan keluarga nelayan yang meliputi bimbingan pengetahuan aqidah, ibadah dan akhlak Islami. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi serta diolah dalam bentuk deskriptif. Data dianalisa dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan keagamaan keluarga nelayan Desa Rampa meliputi bimbingan pengetahuan akidah, bimbingan ibadah dan bimbingan akhlak Islami. Materi bimbingan pengetahuan akidah keluarga nelayan Desa Rampa adalah pengetahuan tentang rukun iman yang disampaikan dengan metode nasihat, bercerita, tanya jawab, dan memutarkan lagu seputar pengetahuan akidah. Materi bimbingan ibadah keluarga nelayan Desa Rampa meliputi solat lima waktu, Puasa Ramadhan, dan belajar membaca Al-Qur’an, metode yang digunakan adalah dengan nasihat, dalam hal pengajaran seputar ibadah tersebut orang tua nelayan kebanyakan menyerahkan kepada guru di sekolah dan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an). Materi bimbingan akhlak keluarga nelayan Desa Rampa meliputi adab kepada kedua orang tua dan penampilan anak, metode yang digunakan adalah metode pengawasan dimana orang tua sangat memperhatikan rambut anak laki-laki. Kata Kunci: Bimbingan Agama, Keluarga Nelayan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nur Ridha Lukmana
Date Deposited: 19 Mar 2020 07:51
Last Modified: 19 Mar 2020 07:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13957

Actions (login required)

View Item View Item