EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Akulturasi Moral dalam Sosio Religius pada Masyarakat Majemuk (Studi pada Komunitas Muslim di Desa Batu Nindan Kecamatan Basarang Kuala Kapuas)

Ahdiah, Ahdiah (2020) Akulturasi Moral dalam Sosio Religius pada Masyarakat Majemuk (Studi pada Komunitas Muslim di Desa Batu Nindan Kecamatan Basarang Kuala Kapuas). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (522kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (397kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini dikarenakan maraknya isu-isu yang menumbuhkan bibit-bibit konflik berbau SARA pada masyarakat majemuk di Indonesia, salah satunya ialah konflik yang pernah terjadi di kota Sampit Kalimantan Tengah dengan mengatasnamakan suku. Selama ini, belum ada peneliti yang memfokuskan penelitiannya di desa Batu Nindan, salah satu desa yang menampung masyarakat majemuk di Kecamatan Basarang Kuala Kapuas Kalimantan Tengah. Dengan demikian penulis tertarik melihat bagaimana proses akulturasi moral dalam sosio religius pada masyarakat majemuk studi pada komunitas muslim melalui pendidikan agama Islam, sehingga membuat masyarakat di desa tersebut bisa hidup berdampingan dengan damai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskritif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari aparat desa, tokoh agama Islam, tokoh agama Kristen, tokoh agama Hindu dan masyarakat Desa Batu Nindan Kecamatan Basarang Kuala Kapuas. Selanjutnya, data di analisis dengan deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan member check. Temuan hasil penelitian menunjukkan: 1. Dalam berinteraksi komunitas muslim tidak pernah memilih lawan bicara. Sehingga, komunitas non muslim tidak merasa diasingkan hidup ditengah masyarakat yang mayoritas muslim 2. Bentuk akulturasi moral dalam sosio religius komunitas muslim dapat dilihat dari; a. Hubungan ketetanggaan komunitas muslim, yang sama-sama saling menghormati. Terlebih bagi mereka yang hidup bertetangga dengan komunitas non muslim karena bagi beberapa komunitas muslim muslim menganggap bahwa tetangga adalah keluarga terdekat yang mereka punya walaupun secara keyakinan, mereka berbeda; b. Sistem kekerabatan komunitas muslim desa Batu Nindan ialah menarik garis keturunan dari pihak ayah dan ibu. Selain itu, sistem kekerabatan komunitas muslim juga tercipta karena adanya pernikahan beda agama yang membuat hubungan komunitas muslim dan non muslim terjalin baik; c. Ritual keagamaan komunitas muslim diluar hari besar agama Islam seperti hari raya, Isra Mi’raj dan maulid Nabi yaitu belajar al-Qur’an, rabana, yasinan dan ceramah agama. 3. Sikap komunitas muslim kepada non muslim ialah menjunjung tinggi toleransi guna menciptakan kerukanan antar umat beragama. Secara umum, sikap individu dalam berinteraksi, hubungan ketetanggan, sistem kekeluargaan dan ritual keagamaan komunitas muslim tercipta karena proses pengalaman keagamaan yang didapat oleh individu dari keluarga, sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Ahdiah Ahdiah Ahdiah
Date Deposited: 05 Jun 2020 07:20
Last Modified: 05 Jun 2020 07:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14080

Actions (login required)

View Item View Item