EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Program Khusus Darul Hadits Bagi Santri Pondok Pesantren Al-Falah Putera Banjarbaru

Alpiandi, Alpiandi (2020) Implementasi Program Khusus Darul Hadits Bagi Santri Pondok Pesantren Al-Falah Putera Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (580kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Umat Islam mempunyai dua pegangan dalam kehidupan, yaitu Alquran dan hadits. Alquran dan hadits sama-sama merupakan sumber utama hukum dalam Islam, akan tetapi hadits kurang diminati untuk dihafal. Program khusus Darul Hadits adalah program ekstrakurikuler yang diadakan oleh Pondok Pesantren Al-Falah Putera Banjarbaru sebagai wadah bagi para santri untuk mengahafal hadits-hadits pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program khusus Darul Hadits bagi santri Pondok Pesantren AlFalah Putera Banjarbaru, yang meliputi tahapan pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut setelah program ini selesai, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi program khusus ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam peneliti ini adalah pembimbing asrama program khusus Darul Hadits dan orang santri yang mengikuti program ini dan yang menjadi objek penelitian ini ialah implementasi program khusus Darul Hadits serta faktorfaktor pendorong atau penghambat implementasinya. Pada pengumpulan data penulis menggunakan beberapa teknik sebagai berikut: observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian semua data yang terkumpul diproses melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi program khusus Darul Hadits bagi santri Pondok Pesantren Al-Falah Putera Banjarbaru melalui beberapa tahapan, yaitu: seleksi santri, menghafal dan menyetorkan hafalan, lalaran, ta’līmul kitāb. Setiap dua minggu diadakan evaluasi untuk mengetahui kualitas hafalan santri, dan di akhir program santri akan mendapat syahadah sebagai bukti telah lulus dari program ini. Selain itu terdapat beberapa faktor yang mendukung, yaitu terbiasa menghafal, motivasi dan pembimbing. Serta faktor yang menghambat terlaksananya implementasi program ini ialah: kesadaran diri, psikologis, waktu, sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AHMAD SAUF AHMAD SAUFI AL HADISI AHMAD SAUFI AL HADISI
Date Deposited: 24 Jun 2020 05:14
Last Modified: 24 Jun 2020 05:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14179

Actions (login required)

View Item View Item