EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah di MA Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin

Hijrah, Irsa Fitrianur (2020) Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah di MA Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (832kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Guru adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, terlebih guru aqidah akhlak memegang peranan yang sangat penting dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa. Guru aqidah akhlak harus lebih memperhatikan dan meningkatkan dalam menanamkan akhlakul karimah agar mempunyai perilaku baik yang sesuai dengan syari’at Islam. Oleh karena itu, diperlukannya pembinaan dan pengetahuan kepada siswa agar memiliki akhlak yang baik khususnya tingkah laku. Adapun permasalahannya adalah tentang akhlak siswa yang mana masih ada sebagian siswa belum bisa menunjukkan kearah perubahan akhlak yang baik yaitu tergolong kurang. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru serta faktor dalam menanamkan akhlakul karimah di MA Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru dan 10 orang peserta didik. Objek penelitian yaitu peran guru aqidah akhlak dalam menanamkan Akhlakul Karimah di MA Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah Reduksi data, Interpretasi data dan Editing. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru aqidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah di MA Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin adalah: 1) guru sebagai pendidik menunjukkan sikap keteladanan, kedisiplinan dan pembiasaan yang mampu memberikan contoh baik dan dapat ditiru oleh siswanya, 2) guru sebagai pembimbing contohnya dengan membimbing siswanya ketika ada pelajaran yang sulit di pahami dapat memperbaiki cara belajar siswa ke arah yang lebih efektif dan efisien, 3) guru sebagai motivator agar siswa semangat dalam melaksanakan pembelajaran, 4) guru sebagai evaluator memiliki peran penting memberi penilaian tidak saja secara kuantitas melainkan juga kualitas siswa dalam memberi penekanan terhadap pentingnya memberi penilaian yang jujur. Faktor pendukung peran guru aqidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah yaitu: 1) faktor orang tua, 2) faktor lingkungan, dan faktor penghambat 1) faktor kesadaran diri, dan 2) faktor gadget.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Harnanda F Harnanda Firda Nisa Harnanda Firda Nisa
Date Deposited: 24 Jun 2020 05:19
Last Modified: 24 Jun 2020 05:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item View Item