EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUDAYA BATAMAT ALQURAN DI DESA GUNTUNG PAPUYU KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR

Norhabibah, Norhabibah (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUDAYA BATAMAT ALQURAN DI DESA GUNTUNG PAPUYU KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (559kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (902kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi dari masyarakat di Desa Guntung Papuyu Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar yang masih melaksanakan, menghayati dan mempertahankan budaya batamat Alquran dalam berbagai jenis perayaan, seperti pada perayaan perkawinan. Di Desa Guntung Papuyu, sudah menjadi adat kebiasaan bagi masyarakat setempat ketika anak perempuan mereka akan melaksanakan resepsi perkawinan maka sang anak atau mempelai perempuan terlebih dahulu melaksanakan acara batamat Alquran, jika mempelai tidak melakukan batamat Alquran tanpa ada halangan (haid), maka hal tersebut menjadi perbincangan yang terkesan negatif dikalangan masyarakat setempat dan akan menimbulkan rasa malu pada orang tua, keluarga maupun mempelai pengantin itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tata cara pelaksanaan dan nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam budaya batamat Alquran di Desa Guntung Papuyu Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah beberapa warga masyarakat, Ketua RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Desa Guntung Papuyu Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar yang masih melaksanakan budaya batamat Alquran. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam budaya batamat Alquran di Desa Guntung Papuyu Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh (1) pelaksanaan budaya batamat Alquran yang dilaksanakan masyarakat di Desa Guntung Papuyu Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar ada berbagai jenis perayaan, seperti: batamat massal, batamat pengantin, batamat orang manyaratus, batamat maulidan/mulutan dan batamat bulan puasa. (2) nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam budaya batamat Alquran di Desa Guntung Papuyu Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar yaitu; pendidikan Akidah (keimanan) yang meliputi iman kepada kitab Alquran, iman kepada Nabi Muhammad Saw. melalui salawat; pendidikan Ibadah yang berupa ibadah membaca Alquran, doa, salawat, sedekah, silaturahmi; dan pendidikan Akhlak yang berupa syukur, adab terhadap kitab Alquran, bersedakah, silaturahmi, gontong royong, optimisme dan keindahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:34
Last Modified: 24 Jun 2020 03:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14224

Actions (login required)

View Item View Item