EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Program Tahsin di Unit Pengembangan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2019/2020)

Mariyam, Siti (2020) Implementasi Program Tahsin di Unit Pengembangan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2019/2020). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (704kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Tujuan pendidikan Islam adalah membentuk insan kamil. Hal tersebut dilandasi sesuai tuntunan dalam Alquran. Salah satu cara untuk bisa memahami Alquran yakni dengan mempelajari tahsin Alquran. UIN Antasari Banjarmasin memberikan pembelajaran tersebut melalui UPB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program tahsin di Unit Pengembangan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2019/2020). Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi program tahsin di Unit Pengembangan Bahasa UIN Antasari Banjarmasin (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2019/2020). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian yaitu Ketua Pengelola Program Tahsin, 2 orang Tim Pengelola, 3 orang pengajar, 9 orang mahasiswa. Objek penelitian: Implementasi Program Tahsin di Unit Pengembanagn Bahasa UIN Antasari Banjarmasin (Studi Kasus Mahasiswa Angkatan 2019/2020). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, editing, koding, dan interpretasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program tahsin dilaksanakan secara sistematis dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, standar yang digunakan adalah sesuai dengan metode tilawati. Adapun faktor pendukung implementasi program tahsin terdiri dari guru menggunakan proses pembelajaran yang menarik, adanya ruangan khusus untuk pembelajaran tahsin, materi tambahan, motivasi-motivasi yang diberikan, serta guru memiliki kemampuan yang tinggi mengenai pembelajaran tahsin. Sehingga mahasiswa tidak merasa bosan dengan proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yakni terdapat beberapa mahasiswa yang masih belum bisa membaca Alquran dan minimnya tenaga pengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wita Islamiah Islamiah
Date Deposited: 29 Jun 2020 05:26
Last Modified: 29 Jun 2020 05:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14294

Actions (login required)

View Item View Item