EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MODUL PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN POM QM FOR WINDOWS

Widiyaningrum, Tamara Dita (2020) MODUL PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN POM QM FOR WINDOWS. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (952kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Tamara Dita WN. 2020. Modul Pembelajaran Program Linear Berbasis Kearifan Lokal menggunakan POM QM for Windows. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : (I) Hasby Assidiqi, S.Pd, M.Si (II) Yusran Fauzi, M.Pd. Program linear merupakan salah satu mata kuliah wajib dalam program studi pendidikan matematika.Mata kuliah berdasarkan interview yang telah dilakukan peneliti kepada beberapa mahasiswa, program linear menjadi momok utama dalam menyelesaikan studi pendidikan matematika pada semester 5. Selain logika, ketelitian dan pemahaman mendalam merupakan kunci utama menghadapi mata kuliah ini, kesulitan mendapatkan buku pegangan program linear dan keterbatasan buku yang tersedia di perpustakaan setempat maupun di toko buku setempat. Banyaknya e-book(electronic book) yang tersedia diberbagai media sosial dan internet, hingga modul menjadi solutif bagi mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan mata kuliah ini. Penelitian ini mengkhususkan langkah pembuatan modul pembelajaran program linear berbasis kearifan lokal menggunakan aplikasi POM QM for Windows. Adapun kekurangan software POM QM for windows hanya dapat diakses pada komputer, tidak bisa menyajikan cara untuk menyelesaikan hanya memberikan hasil pada penyelesaian yang ditentukan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan menggunakan model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN Antasari Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah pembuatan modul pembelajaran pada mata kuliah program linear. Pengumpulan data menggunakan interview, dokumentasi dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh bahwa penelitian pengembangan ini telah menghasilkan modul sebagai bahan ajar mata kuliah program linear menggunakan kearifan lokal menggunakan POM QM for Windows dengan mengikuti langkah-langkah ,yaitu: tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk dan uji coba produk terbatas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 09 Jul 2020 07:39
Last Modified: 09 Jul 2020 07:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14453

Actions (login required)

View Item View Item