EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Prosedur Pengelolaan Barang Jaminan Pembiayaan Bermasalah Sebelum Lelang Di PT BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin

Julmiati, Julmiati (2020) Prosedur Pengelolaan Barang Jaminan Pembiayaan Bermasalah Sebelum Lelang Di PT BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (429kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembiayaan di PT BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin yang bermasalah dan barang jaminannya yang akan dilelang oleh PT BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin kepada pihak KPKNL atau pihak bank sendiri, tapi harus melalui prosedur pengelolaan barang jaminan pembiayaan bermasalah sebelum lelang terlebih dahulu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi pada PT BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin Jl. Jenderal Ahmad Yani Km. 4 No 385 Bunga, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimatan Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data berasal dari RRA (Recovery Remedial Assistant) dan OP (Operational Manager). Berdasarkan hasil penelitian pada PT BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin bahwa tentang prosedur pengelolaan barang jaminan pembiayaan bermasalah sebelum lelang yaitu. Pertama pengelolaan barang jaminan yang pembiayaan nasabah yang telah menunggak diatas 90 hari tunggakan akan dikelola oleh unit RR (Recovery Remedial / Collektabilitas 3 (diragukan) / NPF, Survey dan Dokumentasi, Taksasi, Pengusulan nilai Limit harga jual agunan, Pengecekkan dokumen berharga berupa dokumen kepemilikan dan pengikatan untuk persyaratan permohonan lelang di KPKNL. Sebelum jaminan didaftarkan ketempat lelang biasanya bank mempunyai cara yaitu Restrukturisasi istilah dalam perbankan membuat pembiayaan tersebut bisa jalan lagi apakah atau dengan reschedule (jangka waktu diperpanjang) atau angsurannya diperkecil tetapi jumlah sisa pokoknya tetap hanya saja ada kenaikan setiap tahunnya. Kedua kendala yang sering dihadapi oleh pihak PT BNI Syariah dalam prosedur pengelolaan barang jaminan pembiayaan bermasalah adalah yang berkaitan dengan nasabah dan benda jaminan seperti: Barang jaminan masih dihuni, kendaraan yang dijadikan jaminan tidak ada ditempat, jaminan masih dalam proses balik nama dan pengikatan hak tanggungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Depositing User: Julmiati JM Julmi
Date Deposited: 13 Jul 2020 02:20
Last Modified: 13 Jul 2020 02:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14491

Actions (login required)

View Item View Item