EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Perjodohan (studi kasus di Desa Pasar Batu, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong)

Nisa, Saidatun (2020) Praktik Perjodohan (studi kasus di Desa Pasar Batu, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (997kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (982kB)

ABSTRAK

Skripsi ini mengangkat permasalahan mengenai praktik perjodohan oleh orang tua dengan alasan ekonomi, hubungan keluarga, dan hubungan pertemanan antar orang tua, dalam penelitian ini, peneliti menemukan tiga kasus praktik perjodohan yang terjadi di Desa Pasar Batu. Hal tersebut melatarbelakangi peneliti untuk meneliti lebih lanjut tentang praktik perjodohan yang terjadi di desa tersebut. Penelitian disini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya praktik perjodohan dan akibat terjadinya praktik perjodohan di Desa Pasar Batu. Penelitian ini adalah berupa penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Pasar Batu. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik wawancara. Setelah data terkumpul kemudian diolah dengan teknik koleksi data, editing, deskripsi, dan matriks. Untuk memperoleh kesimpulan hukumnya, dilakukan analisis secara kualitatif terhadap data yang didapat. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa faktor yang melatarbelakangi terjadi praktik perjodohan di Desa Pasar Batu pada kasus I dikarenakan orangtua merasa anaknya berada dibawah hak milik mereka, pada kasus II dikarenakan agar harta yang mereka miliki tidak terbagi dengan orang lain dan pada kasus III karena adanya keakraban hubungan pertemanan diantara kedua orang tua yang menjodohkan anaknya. Adapun akibat terjadinya praktik perjodohan pada kasus I menyebabkan adanya gangguan kejiwaan dan terjadinya perceraian, pada kasus II mengakibatkan Istri tidak menjalankan hak dan kewajibannya sebagai Isteri pada awal pernikahan dan pada kasus III mengakibatkan baik Suami maupun Istri tidak menjalankan hak dan kewajiban Suami Istri dan berakhir dengan perceraian. Dari hasil analisis penulis memperoleh kesimpulan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia, baik itu menurut Hukum Islam maupun Undang- undang yang berlaku di Indonesia bahwa suatu pernikahan harus dilakukan secara suka rela atau tanpa adanya paksaan dan harus berdasarkan persetujuan dari kedua mempelai. Hal tersebut berdasarkan Kompilasi Hukum Islam Pasal 16 ayat 1 dan 2, Q.S ar-Ruum/: 30 ayat 21 dan Hadits.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:25
Last Modified: 24 Aug 2020 07:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14671

Actions (login required)

View Item View Item