EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengamalan Tarikat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Desa Purwosari Baru Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala

Noraida, Noraida (2020) Pengamalan Tarikat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Desa Purwosari Baru Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (652kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (562kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (802kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (177kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari fenomena pesatnya perkembangan tarikat di Indonesia. Sebagaimana dikutip oleh M. Laily Mansur dalam karyanya Tasawaf Islam Mengenai Al-quran dan Ajaran ada 98 tarikat. Akan Tetapi yang memiliki cabang pengikut yang banyak hanya 26 tarikat, salah satunya tarikat Naqsyabandiyah Khalidiyah. Mulanya berkembang di kota kemudian menyebar luas ke Desa tepatnya di Desa Purwosari Baru Kecamatan Tamban Kalimantan Selatan. Masuknya ajaran tarikat membawa angin segar bagi peningkatan penghayatan dan pengamalan keberagamaan masyarakat. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana asal-usul dan ajaran tarikat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Desa Purwosari Baru, dan bagaimana pengamalan ajaran oleh pengikutnya. Dengan tujuan untuk mengetahui asal-usul dan materi yang diajarkan dalam tarikat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Desa Purwosari Baru, serta untuk mengetahui pengamalan ajaran tarikat tersebut oleh pengikutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologik untuk menemukan pengamalan tarikat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Desa Purwosari Baru. Subjek penelitiannya ada lima belas orang: sepuluh laki-laki dan lima perempuan. Teknik yang digunakan dalam memperoleh data adalah observasi sistematik dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjuk bahwa, asal-usul masuknya tarikat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Desa Purwosari Baru dibawa oleh Imam Termudzie Hasyim ketika mengisi ceramah yang berkenaan dengan masalah tarikat, sehingga membuat masyarakat termotivasi untuk mengikuti bahkan mengamalkan ajaran tersebut. Mayoritas pengikutnya merasakan manfaat positif dari pengamalan ajaran tarikat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Desa Purwosari Baru yang berfokus pada ibadah kepada Allah wirid dan zikir, merasa makin tenang dalam beribadah, tidak berani lagi berdusta, menghindari ghibah, sedikit berbicara, selalu mendekatkan diri kepada Allah, hati lebih gampang untuk bersedekah, dan merasa lebih banyak bersyukur atas nikmat yang diberikan. Dengan mengikuti secara disiplin pengikutnya merasakan manfaat dari tarikat tersebut. Oleh karena itu, disarankan agar ke depannya tarikat ini dilestarikan dan dikembangkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 28 Aug 2020 06:19
Last Modified: 28 Aug 2020 06:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14705

Actions (login required)

View Item View Item