EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upacara Baayun Anak di Desa Sungsum Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan

Junaidi, Muhammad (2020) Upacara Baayun Anak di Desa Sungsum Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Latar belakang masalah upacara baayun anak di desa Sungsum Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan bahwa di desa Sungsum ada upacara yang masih tetap dilaksanakan sampai sekarang, upacara ini mungkin tentu ada faktor-faktor yang menyebabkannya bertahannya, kemungkinan ada kepercayaan dan motivasi serta tujuan masyarakat melaksanakan upacara baayun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan bertahannya kepercayaan yang mendasari serta motivasi dan tujuan dalam upacara baayun anak tersebut. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sesuai dengan penelitian tersebut maka tekhnik penelitian ini dilakukan secara observasi yang mendalam ke lokasi penelitian selanjutnya dilakukan wawancara yang sudah direncanakan sebelumnya, baik itu kepada responden atau orang yang terlibat langsung maupun kepada informan yang turut mendukung jalannya penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan bertahannya kepercayaan yang mendasari serta motivasi dan tujuan dalam upacara baayun, dengan menggunakan pendekatan secara antropologis, Psikologis dan Teologis. Setelah dilakukan penelitian, maka diperoleh kesimpulan secara garis besar yakni sebagai berikut: Sejarah upacara baayun anak, faktor yang mendasari masyarakat melaksanakan upacara baayun anak, yaitu ada faktor kepercayaan, faktor keturunan, faktor keterpaksaan, faktor kurangnya ilmu pengetahuan agama, dan faktor legitimasi para ulama. Proses pelaksanaan upacara baayun ada pra upacara baayun, pelaksanaan upacara dan pasca upacara baayun. Adapun kendala upacara baayun anak adalah dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor alam dan faktor manusia. Dalam upacara baayun juga ada pantangan maupun larangan-larangan yang harus dipatuhi oleh orang yang melaksanakan upacara baayun anak. Pandangan-pandangan masyarakat terhadap upacara baayun, yang memuat kepercayaan-kepercayaan masyarakat desa Sungsum dalam upacara baayun, serta motivasi dan tujuan melaksanakan upacara baayun. Hasil analisis penelitian ini adalah memuat tentang asal muasal kepercayaan masyarakat terhadap upacara baayun anak, faktor yang mempengaruhi bertahannya upacara baayun, upacara baayun sebelum dan sesudah dimasuki oleh ajaran agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 25 Oct 2020 23:17
Last Modified: 25 Oct 2020 23:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item View Item