EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Fikih di Majelis Taklim Ar- Rasyidiyah Desa Tangkarau Kecamatan Barabai

Hafizuddin, Muhammad (2020) Pembelajaran Fikih di Majelis Taklim Ar- Rasyidiyah Desa Tangkarau Kecamatan Barabai. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (327kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV LAPORAN HASIL PENELITIAN.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (918kB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang pada sejarah Majelis Taklim Ar-Rasyidiyah sebagai lembaga pendidikan Islam nonformal di wilayah Desa Tangkarau Kecamatan Barabai yang telah berjalan sejak tahun 1993 hingga sekarang (2020). Pembelajaran Fikih di Majelis Taklim ini tetap konsisten menyelenggarakan pendidikan agama dalam bidang Fikih bagi jamaah dan masyarakat Kecamatan Barabai dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Fikih di Majelis Taklim Ar-Rasyidiyah dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhinya di Majelis Taklim Ar-Rasyidiyah Desa Tangkarau Kecamatan Barabai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu 1 orang ustadz dan 10 orang jamaah Majelis Taklim Ar Rasyidiyah Desa Tangkarau Kecamatan Barabai. Objek penelitian yaitu pembelajaran Fikih di Majelis Taklim Ar Rasyidiyah Desa Tangkarau Kecamatan Barabai. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Sedangkan pengolahan data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan teknik induktif yaitu menyimpulkan data secara khusus berdasarkan kenyataan umum di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pembelajaran Fikih di Majelis Taklim Ar Rasyidiyah Desa Tangkarau Kecamatan Barabai dilaksanakan setiap hari Selasa dan dimulai pada jam 07.30 pagi. Pembelajaran diisi dengan kegiatan membaca surah dan sholawat, pembacaan kitab oleh Ustadz, dan pembacaan do'a selamat untuk menutup kegiatan. Tujuan pembelajaran Fikih di Majelis Taklim Ar Rasyidiyah adalah dalam rangka mentransfer ilmu agama dan menjadikan jamaah memahami tata cara beribadah sesuai ketentuan dalam Fikih Ibadah. Adapun materi pembelajaran bersumber dari Kitab Fathul Qarib karya Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Qasim Al-Ghazi. Metode pembelajaran Fikih di Majelis Taklim yaitu metode halaqah, ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran Fikih di Majelis Taklim Ar-Rasyidiyah yaitu faktor penceramah, faktor jamaah, dan faktor fasilitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 17 Nov 2020 01:08
Last Modified: 17 Nov 2020 01:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14895

Actions (login required)

View Item View Item