EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al- Istiqamah Banjarmasin

Khairoh, Kutsiatul (2020) Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al- Istiqamah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (589kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pembiasaan menurut terminologi adalah sesuatu yang sengaja dilakukan secara berulang-ulang, agar sesuatu itu dapat menjadi kebiasaan. Berdasarkan penjajakan penulis mengamati bahwa kebanyakan siswa lebih memilih membuka ponselnya dari pada membuka Alquran. Ini merupakan salah satu contoh bahwa adat membaca dan mempelajari Alquran harus di tingkatkan agar mereka mengetahui kitab suci umat muslim dan memiliki motivasi untuk membaca dan mempelajarinaya. Pendidikan sejatinya tidak hanya belajar tentang bagaimana berprestasi di bidang akademik dan akhlak saja, namun juga menerapkan Alquran sebagai pedoman bagi para siswa. Maka fokus penelitian ini mengenai bagaimana pelaksanaan pembiasaan tadarus Alquran pada peserta didik di Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Banjarmasin dan faktor penghambat dan pendukung dalam pembiasaan tadarus Alquran pada peserta didik di Madrasah Aliyah al-Istiqamah Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), adapun subjek dalam penelitian ini adalah 8 Peserta didik dan 1 guru di Madrasah Aliyah al-Istiqamah Banjarmasin. Objek dalam penelitian ini adalah Pembiasaan Tadarus Alquran di Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Banjarmasin. Teknik yang digunakan penelitian ini dalam mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. adapun pengolahan data dilakukan dengan editing, reduksi data dan interpretasi data, sedangkan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan tadarus Alquran yang diterapakan di Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Banjarmasin melalui pembiasaan Alquran sudah efektif dengan melalui kegiatan yang dilakukan terus menerus sehingga akan menjadikan sebuah kebiasaan yang tertanam didalam diri siswa meliputi : pembacaan tadarus Alquran bersama-sama setiap seminggu dua kali, siswa di latih untuk memipin kegiatan tadarus, siswa dikenakan sangsi bagi yang terlambat dan tidak mengikuti kegiatan tadarus.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Elva Rahma Elva Rahma
Date Deposited: 23 Nov 2020 06:45
Last Modified: 23 Nov 2020 06:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14921

Actions (login required)

View Item View Item