EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MASALAH PENCATATAN PERKAWINAN (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KUALA KAPUAS)

Mahmudah, Husnul (2020) MASALAH PENCATATAN PERKAWINAN (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KUALA KAPUAS). Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAA KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (989kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (963kB)

ABSTRAK

Dalam Undang-Undang No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan, menyebutkan bahwa perkawinan sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya, tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tetapi pada kenyataannya, ada sebagian masyarakat yang tidak mencatatkan perkawinannya atau memilih melakukan perkawinan di bawah tangan. Pernikahan di bawah tangan merupakan sebutan yang bisa digunakan di tengah masyarakat. Pernikahan di bawah tangan ini maksudnya adalah perkawinan yang belum atau tidak tercatat di Kantor Urusan Agama atau PPN atau pernikahan yang dilakukan secara sembunyi, tetapi telah memenuhi rukun dan syarat pernikahan menurut hukum Islam. Hal tersebut juga terdapat dalam masyarakat Kuala Kapuas di mana masyarakat berpendapat bahwa pencatatan perkawinan itu ada yang penting ada yang tidak karena menurut mereka asal sudah bisa sah untuk menikah secara agama itu pun sudah cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman masalah (kasus) pencatatan perkawinan di kuala kapuas serta untuk mengetahui bagaimana faktor yang menyebabkan masalah (kasus) tersebut terjadi.. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Karenanya, untuk memperoleh data yang berlokasi di Kabupaten Kuala Kapuas Kecamatan Selat Kelurahan Selat Hulu, dengan meneliti lima pasangan dan apa pendapat mereka terhadap pencatatan perkawinan. Hasil dari penelitian ini bahwa mayoritas masyarakat sudah mengetahui dan menyadari arti kepentingan pencatatan perkawinan namun mereka beranggapan atau berpendapat bahwa mengurus atau mendaftar pencatatan perkawinan itu ribet. Faktor penyebab dari masalah masyarakat yang masih beranggapan salah tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap hukum perkawinan yang ada di Indonesia, letak permukiman yang jauh dari KUA, administrasi yang masih dianggap ribet, kondisi ekonomi masyarakat, dan hamil di luar nikah.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 04 Dec 2020 07:21
Last Modified: 04 Dec 2020 07:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14965

Actions (login required)

View Item View Item