EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STATUS HUKUM HUBUNGAN NASAB ANAK PEREMPUAN DI LUAR NIKAH TERHADAP AYAH BIOLOGISNYA (PERSPEKTIF MAZHAB HANAFI DAN SYAFI’I)

Janah, Marianor (2020) STATUS HUKUM HUBUNGAN NASAB ANAK PEREMPUAN DI LUAR NIKAH TERHADAP AYAH BIOLOGISNYA (PERSPEKTIF MAZHAB HANAFI DAN SYAFI’I). Skripsi, Syariah.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (602kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan pendapat mengenai perilaku hubungan suami isteri yang tidak terikat tali pernikahan atau zina, sehingga apabila akibat hubungan dimaksud membuahkan janin, maka setelah dilahirkan anak tersebut adalah anak luar nikah atau yang dalam masyarakat yang lebih dikenal dengan istilah anak zina. Pada saat dewasa khususnya anak perempuan memerlukan wali nikah kelak dimana ada perbedaan pandangan tentang nasab anak. Dimana mazhab Hanafi dan Syafi’i berbeda pandangan mengenai jatuhnnya nasab anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum normatif atau doktrinal. yang membahas doktrin-doktrin atau asas dalam ilmu hukum, khususnya dalam penelitian ini berupa hukum Islam. Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif terhadap bahan hukum yang diperoleh. Berdasarkan metode yang digunakan diperoleh hasil penelitian: pertama, menurut mazhab Hanafi nasab anak di luar nikah tetap tsabit terhadap bapak biologisnya, karena pada hakekatnya anak tersebut adalah anaknya. Seorang anak disebut anak dari bapaknya karena anak tersebut lahir dari hasil air mani bapaknya, oleh sebab itu haram bagi seorang ayah menikahi anak hasil di luar nikahnya. Adapun nasab menurut pandangan syari’at adalah terputus. Mazhab Syafi’i berpendapat bahwa seorang ayah biologis tidak bisa menikahkan anak perempuannya dari hasil di luar nikah. Karena nasab kepada ibunya, sedangkan bapaknya tidak memiliki hak atas anak perempuannya. Wali terhadap wanita adalah syarat mutlak menurut Imam Syafi’i, karena tidak dibolehkan wanita menikahkan dirinya sendiri tanpa izin (wali). Maka dalam menikah menggunakan wali hakim.Hal ini dapat berimplikasi pada hilangnya kewajiban bagi bapak biologis untuk memenuhi hak anaknya termasuk hal perwalian. Kesamaan di antara keduanya adalah sama-sama tidak bisa menikahkan, namunperbedaan terletak pada jatuhnya nasab. Pandangan Mazhab Syafi’i nasab jatuh kepada ibunya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Dec 2020 07:19
Last Modified: 04 Dec 2020 07:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14967

Actions (login required)

View Item View Item