EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAWATAN DAN PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN

Nidawati, Nidawati (2020) PERAWATAN DAN PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Banjarmasin.

[img] Text
Perawatan dan Pelestarian Bahan Pustaka Di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin.pdf

Download (307kB)

ABSTRAK

Menurut Undang-Undang perpustakaan Nomor 43 Tahun 2007, perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka.1 Perpustakaan sebagai salah satu pengelola informasi bertugas mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan merawat koleksi untuk dapat dimanfaatkan oleh pengguna/pemustaka dalam jangka waktu yang lama secara efektif dan efisien. Oleh karena itu perpustakaan sebagai lembaga yang bergerak dalam jasa layanan informasi mempunyai tanggungjawab besar dalam melestarikan koleksinya.2 Bahan pustaka merupakan salah satu unsur terpenting yang menjadi koleksi dan terdapat didalam sebuah perpustakaan. Mengingat pentingnya suatu bahan pustaka, maka perlunya diadakannya suatu kegiatan pelestarian, pemeliharaan dan perawatan bahan pustaka. Kegiatan ini adalah sebuah usaha dan upaya agar koleksi/ bahan pustaka tetap awet dan bisa dipakai lebih lama juga agar ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkandung di dalamnya dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang. Tugas pemeliharaan, perawatan dan pelestarian koleksi bukanlah tugas yang mudah. Sejak zaman dahulu perpustakaan telah berusaha untuk mencegah dan mengatasi kerusakan koleksi yang disebabkan oleh factor alam, serangga dan ulah manusia. Penggunaan berbagai insektisida, pengaturan ruangan secara khusus, penyelenggaraan pendidikan pengguna perputakaan merupakan usaha-usaha untuk mencegah atau mengurangi kerusakan koleksi. Salah satunya pada perpustakaan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, perpustakaan tersebut memiliki koleksi atau bahan pustaka yang sangat banyak dan sudah cukup lama penggunaanya. Perpustakaan Universitas Islam Antasari masih menggunakan cara-cara yang masih sederhana sedangkan di jaman sekarang teknologi sudah canggih. Bagaimana dan metode apa saja yang digunakan oleh perpustakaan UIN Antasari dalam merawat dan melestarikan koleksi bahan pustakanya. Adapun rumusan masalah yang penulis kemukakan adalah; 1. Mengapa perlu diadakan pelestarian bahan pustaka, 2. Bagaimana cara pencegahan dan perbaikan kerusakan bahan pustaka.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Mr Ahdie Anwary
Date Deposited: 16 Dec 2020 01:57
Last Modified: 16 Dec 2020 01:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15011

Actions (login required)

View Item View Item