EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PRAKTIK PENCEGAHAN POLIGAMI DI BAWAH TANGAN (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA KEC.GAMBUT)

Nurhasanah, Nurhasanah (2020) PRAKTIK PENCEGAHAN POLIGAMI DI BAWAH TANGAN (STUDI KASUS DI KANTOR URUSAN AGAMA KEC.GAMBUT). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini berlatar belakang dari adanya pernikahan yang dilakukan dalam masa ‘iddah, namun di dalamnya terdapat praktik pencegahan poligami di bawah tangan. Poligami di bawah tangan bisa terjadi tanpa disengaja dan tanpa diketahui sama halnya dengan pernikahan sirri (di bawah tangan). Pada penelitian ini, pencegahan poligami di bawah tangan terjadi melalui surat perjanjian tidak rujuk, yang mana dalam hal ini antara hukum Islam dan hukum positif seperti terdapat ketidakseimbangan dalam pengaturannya. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik meneliti lebih lanjut tujuan dibuatnya surat perjanjian tidak rujuk yang digunakan dalam upaya pencegahan poligami di bawah tangan serta bagaimana hukum pelaksanaan perkawinan suami dalam masa ‘iddah istri akibat talak raj’i menurut hukum Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan dari adanya surat perjanjian tersebut, yang mana digunakan oleh Kepala KUA sebagai solusi untuk pelaksanaan perkawinan suami dalam masa ‘iddah istri agar terhindar dari praktik poligami di bawah tangan. Di samping itu, adanya surat tersebut seolah menjadi penghalang suami untuk rujuk kepada istrinya. Untuk mengetahui hukum pelaksanaan pernikahan dan proses pelaksanaannya. Secara umum, pernikahan tersebut tidak berbeda dengan pernikahan pada biasanya. Namun yang membedakannya hanyalah surat perjanjian tersebut di dalam administrasi pernikahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, yaitu penelitian yang dilakukan dengan terjun ke lapangan dalam rangka menggali dan memperoleh data yang berkenaan dengan permasalahan tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang berlokasi di Kantor Urusan Agama Kec. Gambut beralamat di jalan A. Yani, Malintang Baru, Kec. Gambut, Kab. Banjar. Berdasarkan pandangan kepala Kantor Urusan Agama kecamatan Gambut secara umum faktor yang menjadi penyebab adanya kasus ini adalah kurangnya pengetahuan dari masyarakat akibatnya banyak masyarakat yang tidak mengetahui bagamaimana prosedur pernikahan dan poligami itu sendiri, faktor lain diantaranya mengambil jalan pintas, pengaruh sosial, nafsu, ekonomi, dan dorongan orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:12
Last Modified: 23 Dec 2020 03:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15034

Actions (login required)

View Item View Item