EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENDIDIKAN PRENATAL BAGI ANAK-ANAK PENGHAFAL AL-QUR’AN DI KALIMANTAN SELATAN (Studi Kasus Pada Lima Keluarga)

Ainun, Ainun (2020) PENDIDIKAN PRENATAL BAGI ANAK-ANAK PENGHAFAL AL-QUR’AN DI KALIMANTAN SELATAN (Studi Kasus Pada Lima Keluarga). Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (122kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (595kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
daftar pustaka tesis.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (450kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah keingintahuan peneliti terhadap pendidikan prenatal yang dilakukan ibu-ibu yang memiliki anak penghafal AlQur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan ibuibu yang memiliki anak penghafal Al-Qur’an tentang pendidikan prenatal, dasar pendidikan prenatal yang mereka lakukan serta amalan/aktivitas yang biasa mereka kerjakan selama masa kehamilan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek dalam penelitian ini adalah pendidikan prenatal, sedangkan subjeknya adalah ibu-ibu yang memiliki anak penghafal Al-Qur’an. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, klasifikasi, dan interpretasi data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelima ibu yang diteliti memiliki pandangan yang berbeda tentang pendidikan prenatal, tetapi kelima pandangan tersebut bermuara pada satu pandangan yang sama yaitu bayi di dalam kandungan sudah bisa diberi pendidikan dan pendidikan prenatal penting untuk dilakukan; (2) Dua orang ibu yang diteliti mendidik anak sejak dalam kandungan berdasarkan hadits Nabi saw. yang menyatakan bahwa tiap anak dilahirkan atas fitrah, dua orang ibu yang lain mendidik anak sejak dalam kandungan dengan harapan anak-anaknya menjadi anak-anak saleh/salehah yang akan selalu mendo’akan orang tuanya, ibu yang lain mendidik anak sejak dalam kandungan karena terinspirasi dari kisah ibu-ibu zaman dulu yang memiliki anak penghafal Al-Qur’an; (3) Bentuk pendidikan prenatal yang dilakukan oleh ibu-ibu yang diteliti ada berbagai macam, diantaranya: melakukan amalan-amalan yang wajib dan sunnah seperti mendo’akan anak yang sedang dikandung, membaca Al-Qur’an, menjaga shalat tepat waktu dan menambahnya dengan shalat sunnah, memperbanyak shalawat, zikir, dan amalan-amalan lainnya, mengajak bicara bayi yang ada di dalam kandungan, menjaga diri dan bayi dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan dilarang agama, dan lain-lain. Temuan penelitian ini perlu untuk dikembangkan melalui penelitian lebih lanjut dengan melihat berbagai cabang keilmuan yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini guna memperoleh temuan-temuan baru yang lebih akurat dan relevan sesuai dengan pekembangan ilmu pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Jan 2021 00:29
Last Modified: 04 Jan 2021 00:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15054

Actions (login required)

View Item View Item