EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ASPEK SPIRITUAL DALAM MANASIK HAJI: STUDI ATAS AJARAN GURU H. PAHRIADI DI KECAMATAN PELAIHARI

Ramlah, Siti (2020) ASPEK SPIRITUAL DALAM MANASIK HAJI: STUDI ATAS AJARAN GURU H. PAHRIADI DI KECAMATAN PELAIHARI. Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (458kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (688kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Abstrak - Siti Ramlah.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Siti Ramlah.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (344kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ajaran Guru H. Pahriadi Kecamatan Pelaihari terhadap makna tertentu atas kegiatan ritual haji yang tidak lazim dilaksanakan. Beliau tidak hanya menyampaikan manasik tentang bacaan dan gerakan haji saja tetapi beliau juga menyampaikan bimbingan tentang aspek spiritual selama menjalankan rukun haji, seperti pada waktu wukuf, jamaah hendaknya mengingat pada pristiwa Nabi Adam AS dan Siti Hawa dimana keduanya ditemukan kembali di padang Arafah. Dalam ibadah Thawaf dilakukan dengan mengingat Zat dan sifat-sifat Allah SWT. Empat sudut ka’bah dimaknai dengan sifat nafsiah, sifat salbiah, sifat ma’ani dan sifat ma’nawiyah. Sa’i dengan menjalani suatu perjalanan spiritual dari Nur Allah ke Nur Muhammad. Sementara pada waktu melontar jumrah, adalah sebagai perlambang bahwa jama’ah tersebut sedang melontarkan sifat-sifat buruknya. Oleh karena itu, penulis merasa perlu melakukan kajian mendalam terhadap bagaimana ajaran manasik haji Guru H. Pahriadi di Kecamatan Pelaihari serta bagaimana aspek-aspek spiritual dalam ibadah haji? Metode yang digunakan menurut jenisnya adalah kajian empiris kualitatif. Sedangkan sifatnya menggunakan penelitian analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, aspek spiritual yang terkandung dalam bimbingan manasik haji oleh Guru H. Pahriadi di Pelaihari adalah dalam pelaksanaan ihram terdapat nilai iman dan takwa. Dalam wukuf mengandung nilai-nilai ketaatan kepada Allah SWT dan menjaga silaturrahmi antar sesama umat. Dalam pelaksanaan thawaf mengandung nilai-nilai ikhlas, sabar, bersyukur, serta menghargai dan menghormati sesama manusia. Dalam pelaksanaan Sa’i mengandung nilai-nilai kecintaan kepada Allah dan keikhlasan dalam beribadah kepada Allah dan istiqamah. Dalam pelaksanaan tahallul mengandung nilai-nilai rasa syukur, patuh kepada Allah dan mananamkan rasa peduli terhadap sesama manusia. Kedua, Ibadah thawaf, sa’i, jumroh aqobah, wuquf dalam ibadah Haji lebih banyak membentuk kepribadian seseorang untuk sabar, ikhlas, toleransi sekaligus terbuka dalam ta’aruf (saling mengenal secara baik) dengan seluruh umat manusia. Bahkan selama dalam menjalankan ibadah Haji, seorang muslim dilarang untuk berkata-kata kotor (rafats), berbuat sesuatu yang merugikan siapapun dan apapun (fusuq) bahkan tidak diperkenankan melakukan perdebatan (jidal) yang hanya akan menimbulkan permusuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Jan 2021 00:23
Last Modified: 04 Jan 2021 00:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15060

Actions (login required)

View Item View Item