EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kreativitas Guru dalam Penggunaan Metode Token Ekonomi pada Pembiasaan Shalat Berjamaah di SMAN 5 Banjarmasin

Amelia, Rezky (2021) Kreativitas Guru dalam Penggunaan Metode Token Ekonomi pada Pembiasaan Shalat Berjamaah di SMAN 5 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (990kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Ajaran agama mengandung nilai-nilai moral dan perilaku yang melahirkan konsekuensi pada pemeluknya untuk mengamalkan nilai-nilai moral tersebut kedalam perilaku keseharian, namun tidak semua individu dapat melakukannya. Menjadi guru yang kreatif adalah guru yang memiliki daya cipta atau sebagai inovator. Shalat adalah suatu perbuatan yang wajib di lakukan manusia sebagai umat muslim. Shalat berjamaah merupakan shalat yang dikerjakan bersama-sama oleh orang yang beriman (mukmin) dan pahalanya lebih besar dari pada shalat sendiri sendiri. Salah satu upaya guru dalam meningkatkan kuantitas shalat siswa siswinya ketika di sekolah yakni menggunakan suatu metode agar siswa siswinya terpancing untuk melaksanakan kegiatan shalat berjamaah ketika di sekolah. Metode yang di pakai yaitu metode token ekonomi atau kupon yang di terapkan di SMAN 5 Banjarmasin. Di penelitian penulis mendapatkan hanya SMAN 5 Banjarmasin yang menerapkan penggunaan metode token ekonomi ini. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengupas lebih lanjut tentang kreativiats guru dalam penggunaan metode token ekonomi pada pembiasaan shalat berjamaah di SMAN 5 Banjarmasin, serta faktor yang mempengaruhinya. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif dengan meneliti objek dengan cara menggambarkan secara sistematis fakta dan menganalisis hubungan antara fenomena yang diselidiki. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 5 Banjarmasin, pembina KSI dan guru agama Islam, sedangkan objek penelitian ini adalah adalah penggunaan metode token ekonomi pada pembiasaan shalat berjamaah serta faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian ini diambil dengan cara koleksi data, editing, pengklasifikasian data dan interpretasi. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan kreativitas guru dalam penggunaan metode token ekonomi ini untuk memotivasi agar siswa lebih rajin untuk melaksanakan shalat berjamaah, serta untuk penanaman pembiasaan agar siswa terbiasa shalat tanpa harus dengan imbalan kupon. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kretivitas guru dalam penggunaan metode token ekonomi ini adalah terdapat banyak anak yang malas untuk shalat, sebagai pendeteksi atau pemantau dan untuk memotivasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Elva Rahma Elva Rahma
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:49
Last Modified: 27 Jan 2021 06:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15126

Actions (login required)

View Item View Item