EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN SECARA ELEKTRONIK DI PENGADILAN AGAMA PELAIHARI

Iwan, Muhammad (2021) PELAKSANAAN ADMINISTRASI PERKARA DAN PERSIDANGAN SECARA ELEKTRONIK DI PENGADILAN AGAMA PELAIHARI. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (851kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perkembangan teknologi mengakibatkan adanya tuntutan bagi Pengadilan untuk melaksanakan administrasi dan persidangan berbasis elektronik atau saat ini dikenal dengan e-Court, yang ditetapkan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia melalui PERMA nomor 3 tahun 2018 Jo nomor 1 tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik yang memungkinkan pihak yang berperkara untuk dapat lebih memudahkan dan biaya nya lebih murah dengan menggunakan suatu aplikasi e-Court yang terdiri dari pendaftaran (e-Filling), pembayaran (e-Payment), pemanggilan (e-Summons) dan persidangan (e-Litigasi). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat yang berperkerkara di Pengadilan Agama Pelaihari dari beberapa Pengadilan Agama yang ada di Kalimantan Selatan dengan menggunakan sistem elektronik atau saat ini dikenal dengan e-Court. di Pengadilan Agama Pelaihari memiliki jumlah perkara yang menggunakan e-Court yakni 292 Perkara. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan e-Court di Pengadilan Agama Pelaihari baik dari tahapan pendaftaran, pembayaran, pemanggilan dan persidangan secara elektronik, serta ingin mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan e-Court banyak digunakan masyarakat di Pengadilan Agama Pelaihari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum empiris, data penelitian yang digunakan adalah primer kemudian disajikan secara deskriptif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat dengan penelitian ini. penelitian ini dilaksanakan di Pengadilan Agama Pelaihari. Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian diolah melalui proses editing dan deskripsi. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mengarah pada landasan teori yaitu Konsep Sistem e-Court. Hasil yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa pelaksanaan e-Court di Pengadilan Agama Pelaihari dilaksanakan sesuai prosedur yang telah diatur dalam peraturan sejak diterbitkan nya Peraturan Mahkamah Agung nomor 3 Tahun 2018 Jo nomor 1 tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik, baik itu tahapan pendaftaran, pembayaran, pemanggilan dan persidangan secara elektronik. Adapun faktor yang menyebabkan e-Court banyak digunakan masyarakat di Pengadilan Agama Pelaihari yaitu aparat Pengadilan Agama Pelaihari melakukan sosialisasi pada saat melakukan sidang keliling ke beberapa desa di kabupaten Tanah Laut, dan sosialisasi nya ada yang secara langsung kepada masyarakat dan sosialisasi yang bekerja sama dengan beberapa kantor kepala desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:02
Last Modified: 29 Jan 2021 02:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15160

Actions (login required)

View Item View Item