EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

SURAH YᾹSῙN DALAM BUKU-BUKU AMALIAH DI KALANGAN MASYARAKAT DESA ALUAN MATI KECAMATAN BATU BENAWA (UJI TASHIH TANDA WAQAF DENGAN STANDAR MUSHAF AL-QUR’AN INDONESIA)

Mardhiah, Aina (2021) SURAH YᾹSῙN DALAM BUKU-BUKU AMALIAH DI KALANGAN MASYARAKAT DESA ALUAN MATI KECAMATAN BATU BENAWA (UJI TASHIH TANDA WAQAF DENGAN STANDAR MUSHAF AL-QUR’AN INDONESIA). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (731kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I AINA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II AINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB III AINA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV AINA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V AINA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul Uji Tashih Tanda Waqaf Surah Yāsīn dalam Buku-buku Amaliah di Kalangan Masyarakat Desa Aluan Mati Kecamatan Batu Benawa, merupakan buku-buku amaliah yang beredar di masyarakat Desa Aluan Mati Kecamatan Batu Benawa. Buku-buku amaliah tersebut banyak sekali dijumpai karena pada perkembangannya lapisan masyarakat mencoba membukukan surah tertentu dalam al-Qur‟an terutama surah Yāsīn, namun diduga dalam penulisan surah Yāsīn yang kini beredar di masyarakat belum memenuhi standarisasi al-Qur‟an Indonesia. Berdasarkan latar belakang di atas pokok masalah yang akan dijadikan sebagai acuan penelitian adalah edisi atau cetakan mana saja buku-buku amaliah yang memuat surah Yāsīn, yang beredar di kalangan masyarakat Desa Aluan Mati Kecamatan Batu Benawa dan bagaimana uji tashih tanda waqaf dalam surah Yāsīn yang tercetak pada buku-buku amaliah di kalangan masyarakat Desa Aluan Mati Kecamatan Batu Benawa tersebut dengan standar mushaf al-Qur‟an Indonesia. Dalam menentukan standarisasi tanda waqaf peneliti merujuk pada Mushaf al-Qur‟an Standar Indonesia dan Pedoman Pentashihan Mushaf al-Qur‟an Standar Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-komparatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pembahasan tertentu, khususnya terhadap bagian perhitungan persentasi tanda waqaf surah Yāsīn pada buku-buku amaliah. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian gabungan antara field research dan library research. Berdasarkan hasil dari penelitian yang penulis temukan dapat disimpulkan bahwa, terdapat 10 buku-buku amaliah yang memuat surah Yāsῑn yang beredar di kalangan masyarakat Desa Aluan Mati dengan penerbit yang berbeda yaitu, Risālah „amaliyah dari toko kitab Inayah, Buku amaliah Yāsīn dari toko Mawaddah Banjarmasin, Buku amaliah Yāsīn dari toko al-Zami Barabai, Surah Yāsīn dan Burdah dari CV ALBABA Banjarmasin, Surah Yāsῑn, Do‟a Selamat dan Do‟a Nisfu Sya‟ban, Majmū‟ „Aẓīm oleh Manār Qudus, Majmū‟ Syarīf oleh Pustaka Agung Harapan Surabaya, Ṭibbu al-Qulūb oleh SettPrint Hemat Publish, Khulasah al-Madad an-Nabawi oleh Putera Bumi dan Al-Imdād fī aurādi ahlilwidād oleh PT al-Zahra. Dari 10 macam buku-buku amaliah yang memuat surah Yāsῑn sebagian besar tanda waqaf di dalamnya sudah memenuhi standarisasi Mushaf al-Qur‟an Standar Indonesia tahun 2019. Hasil rata-rata akhir buku-buku amaliah Yāsīn tersebut adalah persentasi persamaan 52% dan perbedaan 48%.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:43
Last Modified: 01 Feb 2021 05:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15206

Actions (login required)

View Item View Item