EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KONTRIBUSI KELUARGA BESAR K.H. HANAFIE GOBIT DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA BANJARMASIN (Studi Tentang Penguatan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Islam Pertama (SMIP) 1946, Pondok Pesantren Hunafaa dan STAI Al Jami Banjarmasin)

Husna, H. Husna (2020) KONTRIBUSI KELUARGA BESAR K.H. HANAFIE GOBIT DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA BANJARMASIN (Studi Tentang Penguatan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Islam Pertama (SMIP) 1946, Pondok Pesantren Hunafaa dan STAI Al Jami Banjarmasin). Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (576kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa KH Hanafie Gobit (alm) adalah ulama yang banyak mengkaderkan anak, menantu dan cucu untuk mengembangkan pendidikan Islam, sehingga lembaga-lembaga pendidikan Islam yang beliau dirikan, kelola dan cita-citakan terus eksis dan berkembang sampai sekarang. Fokus penelitian ini adalah mengetahui gambaran perkembangan lembaga-lembaga pendidikan Islam yang didirikan oleh keluarga besar KH Hanafie Gobit dan mengetahui kontribusi keluarga besar KH Hanafie Gobit dalam penguatan pendidikan Islam, mencakup kontribusi dalam aspek pembangunan fisik dan pendanaan, serta kontribusi dalam aspek pemikiran dan pengajaran pendidikan Islam. Sumber data utama terdiri dari anak, menantu dan cucu-cucu beliau yang duduk dalam kepengurusan yayasan, guru dan dosen pada SMIP 1946, Pesantren Hunafaa dan STAI Al Jami Banjarmasin. Data lapangan digali melalui teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Hasil penelitian menyimpulkan, perkembangan lembaga-lembaga pendidikan yang didirikan oleh pada masa lalu cukup maju, namun sekarang ini mengalami kekurangan siswa murid pada MTs, SMP dan MA SMIP 1946 disebabkan adanya sistem zona dalam penerimaan siswa dan banyaknya sekolah sederajat lain sebagai alternatif. Kontribusi keluarga besar KH Hanafie Gobit dalam pembangunan fisik adalah dengan mewakafkan tanah dan bangunan, menyumbangkan dana dan mengupayakan penggalian dana dari para donator untuk pembangunan gedung, sarana, fasilitas dan biaya operasional tanpa banyak membebankan biaya kepada siswa, mahasiswa dan masyarakat. Kontribusi keluarga besar KH Hanafie Gobit dalam penguatan pendidikan Islam adalah dengan menggagas dan merealisasikan berdirinya SMIP 1946, Pondok Pesantren Hunafaa dan STAI Al Jami sebagai lembaga pendidikan yang mengutamakan pendidikan Islam, pengkaderan ulama dan pendidik di masyarakat, dengan biaya yang murah dan terjangkau oleh masyarakat menengah bawah, disertai peran aktif anak-anak, menantu dan cucu-cucu dalam pengajaran dengan kesediaan menjadi guru dan dosen, serta pengasuh pendidikan nonformal di pesantren, namun sebagian besar guru dan dosen tetap direkrut dari luar keluarga sesuai dengan kompetensi dan kapasitasnya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Feb 2021 07:24
Last Modified: 15 Feb 2021 03:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15357

Actions (login required)

View Item View Item