EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Majelis Taklim Waladul Amin Pada Masyarakat Di Kecamaran Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat

Hambaly, Ahmad (2021) Peran Majelis Taklim Waladul Amin Pada Masyarakat Di Kecamaran Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

ABSTRAK Ahmad Hambaly, 2020. Peran Majelis Taklim Waladul Amin Pada Masyarakat di Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Penelitian ini dilandasi keingintahuan yang besar mengenai peran majelis taklim sebagai wadah berkumpulnya masyarakat yang ingin belajar agama lebih dalam ataupun kitab-kitab yang mungkin masyarakat awamtiak bisa membacanya maupun menterjemahnya, jadi dengan mengikuti majelis taklim yang dibawa langsung oleh ulama maupun ustadz yang sudah pasti paham akan ilmu agama dan kitab yang akan dibahasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran majelis taklim waladul amin pada masyarakat dan faktor-faktor yang mempengaruhi peran majelis taklim waladul amin pada masyarkat di kecamatan arut selatan kabupaten kotawaringin barat. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kediaman Ustadz Muhammad Dzulkarnain selaku pemimpin majelis taklim waladul amin. Subjek dalam penelitian ini adalah ustadz dan beberapa Jemaah majelis taklim, sedangkan Informan yaitu orang yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian. Masyarakat Kecamatan Arut Selatan, khususnya orang tua dan remaja, karena penulis memandang orang tua dan remaja sudah dapat dimintai informasi dan informasinya dapat dipertanggung jawabkan. Adapun yang menjadi informan yaitu pengurus dan jamaah majelis taklim Waladul Amin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk meneliti Peran Majelis Taklim Waladul Amin pada masyarakat di Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan data yang didapat dalam bentuk uraian kalimat. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode induktif yaitu menarik kesimpulan dari hal-hal yang bersifat khusus kepada hal-hal yang bersifat umum. Hasil penelitian ini adalah peran majelis taklim Waladul Amin terhadap masyarakat Kec. Arut Selatan Kab. Kotawaringin Barat, terbagi menjadi dua, yaitu peran keagamaan yang di dalamnya mengajarkan Al-Qur’an, bersedekah dan mengajak msyarakat untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. kemudian yang kedua, yaitu peran sosial yang di dalamnya mengajak masyarakat untuk melakukan silaturahmi antar masyarakat, juga mengajak masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya ke Pondok Pesantren yang sudah ada dibeberapa tempat di arut selatan ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: Hambaly Ahmad Hambaly Hambaly
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:47
Last Modified: 16 Feb 2021 03:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item