EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kreativitas Guru PAI dalam Proses Pembelajaran di Sekolah SDIT AL Firdaus Banjarmasin pada Masa Pandemi Covid-19

Pujianto, Mukclis Eko (2021) Kreativitas Guru PAI dalam Proses Pembelajaran di Sekolah SDIT AL Firdaus Banjarmasin pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (310kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (714kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (639kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kreativitas dalam proses pembelajaran sangat penting dimiliki oleh guru, lebih lagi pada masa pandemi Covid-19 yang kita rasakan bersama. Dimana pada masa pandemi Covid-19 benar-benar membutuhkan kreativitas dalam menggunakan media dan metode serta memanfaatkan teknologi supaya proses pembelajaran bisa berlangsung dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran saat pandemi Covid-19 di sekolah SDIT AL Firdaus Banjarmasin. Penelitian ini adakah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru PAI kelas satu dan dua, dan siswa kelas satu dan dua SDIT AL Firdaus Banjarmasin. Sedangkan Objeknya adalah kreativitas guru PAI dalam proses pembelajaran di SDIT AL Firdaus Banjarmasin. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskirptif kualitatif dan dalam penarikan kesimpulan digunakan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas guru PAI dalam proses pembelajaran di SDIT AL Firdaus Banjarmasin sudah terlaksana, dimana guru PAI memadukan media dan metode serta memanfaatkan teknologi dalam proses belajar jarak jauh. Guru PAI menggunakan kreativitasnya terlihat dari menggunakan aplikasi zoom dalam mengajar, menggunakan berbagai metode dalam setiap pertemuannya, dan menggunakan media seperti gambar dan video dalam membantu proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru PAI dalam proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 pada umumnya terdiri dari dua faktor faktor intern dan faktor ekstern, yang mana faktor intern terdapat di dalam diri guru tersebut, sedangkan faktor ekster terdiri dari latar belakang pendidik guru, pelatihan yang diikuti guru, pengalaman mengajar guru, dan kesejahteraan guru. faktor pendukung kreativitas guru salah satunya adalah memotivasi diri untuk mengenal masalah dan slalu terbuka terhadap gagasan sendiri dan oranglain, sedangkan faktor eksternal berupa masalah waktu dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya terbagi menjadi dua yaitu faktor intern dan faktor ekstern, dimana faktor intern berupa ketidak percayaan diri guru tersebut dalam menyampaikan pembelajaran, sedangkan faktor ekstern terdiri dari waktu yang terbatas, lingkungan, dan kritik yang dilancarkan oleh orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 19 Feb 2021 01:21
Last Modified: 19 Feb 2021 01:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15479

Actions (login required)

View Item View Item