EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ISTIQAMAH

Umur, Muhammad Azmil (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ISTIQAMAH. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
surat pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Dalam era global seperti sekarang ini, persoalan pokok yang kita hadapi adalah bagaimana cara menyiapkan sumber daya manusia yang modern dan berakhlak mulia, mampu bersaing dan tidak tersesat dalam menghadapi kehidupan yang diwarnai budaya dan iptek. Suasana kehidupan modern dengan kebudayaan yang masif serta terpenuhi berbagai mobilitas secara teknologis, pada satu sisi telah melahirkan krisis etika dan moral. Untuk suatu keberhasilan dalam dunia pendidikan, solusi dalam mengatasi kurang berhasilnya dunia pendidikan dalam masalah tersebut salah satunya dengan menggunakan penanaman nilai-nilai akhlak. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendiskripsikan dan mengetahui bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak santri pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin. (2) mengetahui nilai-nilai akhlak apa saja yang dilakukan oleh pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada santri. (3) dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dilakukan pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin. Penelitian ini bersifat lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian pimpinan pondok dan Ustadz pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin dan objek penelitian Penanaman Nilai-Nilai Akhlak dan Faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai akhlak santi pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin. Metode pengumpulan data yang digunakan yang digunakan meliputi wa,wancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Dari hasil penelitian ini, menunjukan bahwa Penanaman Nilai-nilai Akhlak pada Santri di Pondok Pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin, dilakukan melalui pembelajaran dikelas dan diluar kelas dengan memakai metode Qur’ani, nabawi, teladan, maupun metode pembiasaan. Penanaman nilai-nilai akhlak di pondok pesantren Al-Istiqamah diantaranya: tausiah tentang akhlak di halaman kelas sebelum pembelajaran dimulai, setiap pergantian jam pelajaran santri memberi salam pada ustadz, apabila ustadz datang santri dibiasakan untuk berdiri dan duduk kembali ketika ustadz duduk, santri dibiasakan menunjuk sesuatu dengan menggunakan jari jempol, santri dibiasakan makan dan minum dengan berduduk dan jika bertemu dengan ustadz bicara dan bertindak dengan memperhatikan sopan santun. Adapun faktor pendukung dan penghambat yakni faktor lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 07 Mar 2021 13:56
Last Modified: 07 Mar 2021 13:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15616

Actions (login required)

View Item View Item