EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bacaan Al-Qur’an oleh Kalangan Lansia di Ma’had Nurul Ikhlas Komplek Gardu Mekar Kelurahan Sungai Lulut Banjarmasin

Pratiwi, Putri Riskya (2020) Bacaan Al-Qur’an oleh Kalangan Lansia di Ma’had Nurul Ikhlas Komplek Gardu Mekar Kelurahan Sungai Lulut Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Bacaan Al-Qur’an Pra Lansia dan Lansia merupakan bacaan AlQur’an yang dibaca oleh kalangan pra lansia dan lansia yang diukur berdasarkan standarisasi ilmu Tajwid, sedangkan lansia merupakan golongan manusia yang dimulai dari usia 45 tahun - 60 tahun ke atas. Kalangan lansia dengan segala kemampuan yang telah menurun, tetap memiliki semangat membaca dan mempelajari Al-Qur’an yang sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan bacaan Al-Qur’an kalangan pra lansia dan lansia yang dikhususkan pada lansia berusia 55 tahun – 60 tahun ke atas di Ma’had Nurul Ikhlas Komplek Gardu Mekar Kelurahan Sungai Lulut Banjarmasin. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah mengenai kelancaran, kefasihan, dan aspek yang mempengaruhi terhadap bacaan Al-Qur’an oleh kalangan lansia. Dalam menentukan kelancaran dan kefasihan peneliti mengemukakan teori ilmu Tajwîd, khususnya pada makhrâj al-hurûf dan shifât al-hurûf. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jika dilihat menurut metodenya adalah observasional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pembahasan tertentu, khususnya terhadap bagian perhitungan nilai peserta. Menurut objek dan subjeknya penelitian adalah penelitian lapangan (Field researsch). Berdasarkan hasil tes bacaan Al-Qur’an dapat diketahui bahwa dari hasil penghitungan kelancaran dan kefasihan (Shifât al-Hurûf dan Makhârij al-Hurûf), maka ditentukan hasil rata-rata akhir seluruh peserta lansia vii dengan nilai 72,4. Dari 15 peserta yang diteliti, 9 orang memperoleh nilai di atas 72,4 dengan persentasi 60%. Sedangkan 6 peserta lainnya memperoleh nilai di bawah 72,4 dengan persentasi 40.%. Pada kesimpulanya, Bacaan Al-Qur’an Lansia di Ma’had Nurul Ikhlas Komplek Rahayu Kelurahan Sungai Lulut Banjarmasin dikategorikan lancar dan fasih dengan nilai 72,4. Hasil nilai akhir ini kemudian didukung dengan adanya faktor pendukung yang mampu menjadi upaya dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an di kalangan lansia, yaitu dengan adanya stimulasi otak dengan rangkaian kegiatan yang di lakukan ketika membaca Al-Qur’an seperti adanya aktivitas fisik, aktivitas sosial, aktivitas spiritual dan aktivitas stimulasi mental.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 14:00
Last Modified: 08 Mar 2021 14:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15644

Actions (login required)

View Item View Item