EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UPAYA PENDIDIKAN KELUARGA DALAM SHALAT ANAK USIA 7-12 TAHUN DI DESA LOK BESAR KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Ulfah, Maria (2021) UPAYA PENDIDIKAN KELUARGA DALAM SHALAT ANAK USIA 7-12 TAHUN DI DESA LOK BESAR KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. pernyataan keaslian tulisan maria ulfah .pdf

Download (306kB)
[img] Text
2. Awal Maria Ulfah .pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Abstrak Maria Ulfah.pdf

Download (184kB)
[img] Text
4. BAB I Maria Ulfah.pdf

Download (574kB)
[img] Text
5. BAB II Maria Ulfah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
6. BAB III Maria Ulfah.pdf

Download (390kB)
[img] Text
7. BAB IV Maria Ulfah.pdf

Download (608kB)
[img] Text
8. BAB V Maria Ulfah.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA Maria Ulfah.pdf

Download (388kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN Maria Ulfah.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pendidikan keluarga merupakan pendidikan dasar bagi pembentukan jiwa beragama pada anak. Sehingga orang tua sangat berperan untuk membiasakan ibadah pada anak dalam membentuk anak menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Pada zaman sekarang banyak orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan keluarga dalam pembiasaan shalat anak. Mereka beranggapan bahwa shalat itu wajiib dilakukan pada saat anak sudah menginjak baligh tanpa memikirkan pentingnya menanamkan kebiasaan shalat pada anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Pendidikan Keluarga Dalam Shalat Anak Usia 7-12 Tahun Di Desa Lok Besar Kabupaten Hulu Sungai Tengah beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah orang tua yang memiliki anak usia 7-12 tahun sebanyak 6(enam)orang yang bertempat tinggal di Desa Lok Besar Kab. HST. S edangkan objek penelitian ini adalah peran pendidikan keluarga dalam pembiasaan shalat anak usia 7-12 tahun dan faktor yang mendukung dan menghambatnya. Tekhnik pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan dalam tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan di proses secara sistematis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Selanjutnya dianalisis dengan analisa deskriptif dan ditarik kesimpulan secara induktif. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa pendidikan keluarga memiliki upaya dalam ibadah shalat anak usia 7-12 tahun di Desa Lok Besar Kabupaten Hulu Sungai Tengah diantaranya yaitu orang tua mengajak anak untuk shalat sendiri maupun berjamaah baik di rumah maupun di luar rumah, memberikan keteladanan, nasehat, pembiasaan dan pujian/hadaih dalam memotivasi anak. Adapun faktor pendukungnya seperti menyekolahkan anak ke sekolah agama. adamya lingkungan yang baik dan dukungan dari orang tua dan faktor penghambatnya yaitu adanya tayangan televise pada jam waktu shalat, anak bermain gadget, bermain dengan teman-temannya, kesibukan orang tua dan lingkungan pertemanan yang kurang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Mar 2021 13:28
Last Modified: 09 Mar 2021 13:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15691

Actions (login required)

View Item View Item