EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penanaman Karakter Disiplin Anak Usia Dini di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Al-Ummah Banjarmsin

Maulidiya, Siti Noor (2020) Penanaman Karakter Disiplin Anak Usia Dini di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Al-Ummah Banjarmsin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1 Pernyataan.pdf

Download (803kB)
[img] Text
2 Awal.pdf

Download (484kB)
[img] Text
3 Abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (248kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (211kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)
[img] Text
10 Lampiran-Lampiran.pdf

Download (99kB)
[img] Text
11 Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (84kB)

ABSTRAK

Dalam kurikulum pendidikan anak usia dini yang berkaitan dengan pendidikan karakter adalah terletak pada perkembangan nilai kecerdasan sosial emosional. Spesifikasi perkembangan kecerdasan sosial emosional yang menyebutkan bahwa tingkat percapaian perkembangan sosial emosional anak adalah mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat dan memahami peraturan dan disiplin serta menunjukan rasa empati, Di harapkan anak sudah mampu memahami makna sebuah kedisiplinan yaitu dengan taat dan patuh terhadap aturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter disiplin anak usia dini di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Al-Ummah serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif dengan tahap pengumpulan data berupa tahap reduksi, tahap display, dan tahap kesimpulan/verifikasi data dalam bentuk pengkodean (coding). Adapun tahapan pengumpulan data adalah pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah memberikan teladan serta contoh yang nyata sebagai bentuk pembiasaan pada kegiatan awal ini guru mengenalkan perilaku baik dan buruk melalui kegiatan rutin yang biasa di lakukan saat kegiatan sehari-hari di sekolah yang di tunjukan langsung kepada anak didik untuk membentuk karaktar disiplin anak usia dini di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Al-Ummah Banjarmasin. Penanaman karakter disiplin anak usia dini caranya yaitu, dengan membiasakan anak untuk hadir tepat waktu, membiasakan berbaris dengan rapi, mengajarkan berpakaian rapi, menyimpan sepatu pada rak sepatu, merapihkan kembali mainan setelah dipakai, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan membuang sampah pada tempatnya. Beberapa upaya guru dalam membentuk karakter anak diantaranya adalah dengan memberikan nasihat dan memberikan keteladanan Faktor Internal yang mempengaruhi penanaman karakter anak usia dini adalah anak itu sendiri, sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor lingkungan terutama keluarga Faktor pendukung dalam penanaman karakter disiplin anak usia dini di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Al-Ummah yaitu, komunikasi yang terjalin baik antara guru dan anak, adanya dukungan dari orang tua, sistem tata tertib. Sedangkan faktor penghambat dalam membentuk karakter disiplin anak usia dini di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal 39 Al-Ummah adalah kurangnya perhatian anak dalam mengikuti kegiatan pendidikan yang telah diberikan guru sehingga nilai-nilai kedisiplinan juga sulit ditanamkan, karena kegiatan belajar mengajar tidak akan berjalan dengan baik jika anak-anak tidak disiplin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Siti Noor Maulidiya
Date Deposited: 09 Mar 2021 13:13
Last Modified: 09 Mar 2021 13:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15706

Actions (login required)

View Item View Item