EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERSEPSI PENGURUS DAN PENGELOLA KOPERASI PEGAWAI NEGERI DAN KOPERASI SIMPAN PINJAM TENTANG PEMBENTUKAN KOPERASI SYARIAH (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Negeri Rida Kemenag Tabalong Dan Koperasi Mantab Sejahtera Mandiri MAN 1 Tabalong)

Rahmadaniah, Riska (2020) PERSEPSI PENGURUS DAN PENGELOLA KOPERASI PEGAWAI NEGERI DAN KOPERASI SIMPAN PINJAM TENTANG PEMBENTUKAN KOPERASI SYARIAH (Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Negeri Rida Kemenag Tabalong Dan Koperasi Mantab Sejahtera Mandiri MAN 1 Tabalong). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (600kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (25kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (255kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (482kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan karena bertolak belakang dengan pemikiran bahwa koperasi yang berada dibawah naungan Kementrian Agama harus menjadi koperasi syariah ataupun koperasi yang menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam pelaksanaanya. Padahal kenyataannya kedua koperasi tersebut belum menerapkan konsep koperasi syariah. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui alasan atau kendala yang menyebabkan kedua koperasi ini belum menerapkan konsep koperasi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), karena penelitian ini langsung dilakukan ke lokasi penelitian untuk memperoleh data-data yang diperlukan berkenaan dengan persepsi pengurus dan pengelola koperasi tentang pembentukan koperasi syariah. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan 3 metode, yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Melalui teknik penelitian studi kasus dengan meneliti secara mendalam untuk mempelajari permasalahan tersebut, penelitian ini menghasilkan : Pertama, para pengurus dan pengelola Koperasi Pegawai Negeri Rida sudah cukup mengetahui bagaimana koperasi syariah itu. Kedua, Sebagian besar pengurus dan pengelola Koperasi Mantab Sejahtera Mandiri MAN 1 Tabalong tidak begitu mengetahui dan memahami mengenai konsep ataupun sistem koperasi syariah. Ketiga, kendala utama yang menyebabkan kedua koperasi belum menerapkan konsep syariah yaitu kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang menguasai konsep koperasi syariah dan tidak adanya Dewan Pengawas Syariah yang nantinya akan mengawasi segala kegiatan koperasi tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:44
Last Modified: 12 Mar 2021 02:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15772

Actions (login required)

View Item View Item