EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGELOLAAN DANA MASJID AL-JIHAD BANJARMASIN UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI PERSPEKTIF MAQÂSHID ASY-SYARÎ’AH

Yenny Rusina, Yenny Rusina (2021) PENGELOLAAN DANA MASJID AL-JIHAD BANJARMASIN UNTUK PEMBERDAYAAN EKONOMI PERSPEKTIF MAQÂSHID ASY-SYARÎ’AH. Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian tulisan (Yenny Rusina).pdf

Download (235kB)
[img] Text
AWAL (Yenny Rusina).pdf

Download (833kB)
[img] Text
Abstrak(Yenny Rusina).pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (441kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program “Al-Jihad Peduli” yang dimiliki Masjid Al-Jihad Pimpinan Muhammadiyah Cabang 4 Banjarmasin. Program “Al-Jihad Peduli” sangat menarik perhatian peneliti sebab, program tersebut memiliki potensi besar sebagai solusi dalam membantu jamaah yang memiliki ekonomi lemah agar memiliki motivasi dan kemandirian dalam meningkatkan potensi ekonomi keluarganya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analitik dengan pendekatan filsafat hukum Islam. Sumber utama penelitian ini adalah laporan bulanan pengurus masjid dengan melakukan teknik wawancara serta dokumentasi terhadap data yang diteliti. Adapun teknik analisis adalah mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan permasalahan yang di teliti, kemudian menganalisisnya dengan pendekatan filsafat hukum Islam dalam hal ini adalah Maqâshid asy-Syarî‟ah. Penelitian ini fokus pada dua hal yaitu; (1) Bagaimana pengelolaan dana pada Masjid Al-Jihad Banjarmasin?, (2) Bagaimana tinjauan Maqâshid asy- Syarî‟ah terhadap pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah pada Masjid Al- Jihad Banjarmasin untuk pemberdayaan ekonomi. Berdasarkan fokus penelitian, Hasil penelitian ini adalah (1) Pengelolaan dana masjid Al-Jihad diawali dengan mempersiapkan anggaran dana selama satu bulan kedepan untuk semua kegiatan yang berkaitan dengan masjid, baik fisik maupun non fisik. Selain itu Masjid Al-Jihad juga menggunakan dana dari hasil zakat, infak, dan sedekah untuk program pemberdayaan ekonomi yang diberi nama “Al-Jihad Peduli”. (2) Pengelolaan dana masjid Al-Jihad pada Program pemberdayaan ekonomi jika ditinjau menurut Maqâshid asy-Syarî‟ah tergolong dalam dua tingkatan: (1) Tingkat dharûriyyah, Masjid Al-Jihad wajib membantu jama‟ah masjid dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka, jika tidak dibantu akan mengalami kekacauan dan kerusakan karena keterbatasan ekonomi yang dimiliki. (2) Tingkat hajiyyah, Masjid Al-Jihad perlu membantu jama‟ah masjid dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka, jika tidak membantunya mereka mengalami kesulitan untuk bisa bertahan hidup dengan kehidupan yang layak. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah Masjid Al-Jihad belum memberikan evaluasi yang berkelanjutan terhadap program “Al-Jihad Peduli” khususnya pada bidang ekonomi, karena belum maksimal dalam memotivasi dan memberikan pendampingan sampai para jama‟ah masjid yang diberi bantuan modal usaha dapat mandiri dan berhasil dalam kegiatan usahanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Mar 2021 07:46
Last Modified: 14 Mar 2021 07:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15861

Actions (login required)

View Item View Item