EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kemampuan Muhadatsah Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN 8 Tabalong

Husnawati, Husnawati (2021) Kemampuan Muhadatsah Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN 8 Tabalong. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (855kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pandangan bahwa bahasa Arab merupakan pembelajaran yang sangat sulit bagi peserta didik, padahal bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang harus dikuasai peserta didik apalagi bagi umat Islam. Salah satu keterampilan yang ada dalam bahasa Arab adalah keterampilan berbicara, yaitu muhadatsah. Pada nyatanya pembelajaran muhadatsah sering dikesampingkan oleh pemerintah maupun tenaga kependidikan Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan muhadatsah siswa secara sederhana serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam muhadatsah pada siswa kelas V di MIN 8 Tabalong. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 8 Tabalong yang berjumlah 30 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan Muhadatsah siswa secara sederhana sesuai dengan Kompetensi Dasar pembelajaran bahasa Arab kelas V dan faktor yang mempengaruhi kemampuan muhadatsah. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tes kemampuan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah editing, klasifikasi data, skoring dan interpretasi data. Analisis data yang digunakan penulis adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pemaparan induktif dan penarikan kesimpulan menggunakan metode induktif. Kemampuan siswa kelas V MIN 8 Tabalong dalam kategori mampu karena nilai rata-rata yang didapat dari tes muhadatsah adalah 71,55. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan muhadatsah terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi minat dan pengetahuan tambahan yang dimiliki siswa, sedangkan faktor eksternal meliputi latihan yang sering dilakukan siswa saat di kelas, strategi guru dalam mengajar. Akan tetapi keadaan kelas sebagai sarana dan prasarana belajar kurang kondusif sehingga memberikan sedikit hambatan dalam aktivitas belajar dan mengajar muhadatsah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Harnanda F Harnanda Firda Nisa Harnanda Firda Nisa
Date Deposited: 17 Mar 2021 01:26
Last Modified: 17 Mar 2021 01:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item View Item