EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Dalam Jaringan (Daring) di SMKN Kota Banjarmasin

Gajali, Ahmad (2020) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Dalam Jaringan (Daring) di SMKN Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Tesis ini dilatar belakangi oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring di SMKN Kota Banjarmasin masih terdapat problematika. Dengan demikian penelitian ini sangat penting untuk diteliti dengan judul: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara dalam Jaringan (DARING) di SMKN Kota Banjarmasin. Fokus permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pembelajaran Agama Islam secara daring di SMKN 2, SMKN 3, dan SMKN 4 Banjarmasin. (2) Bagaimana problematika peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring di SMKN 2, SMKN 3, dan SMKN 4 Banjarmasin. (3) Bagaimana upaya pihak-pihak terkait dalam menyelesaikan problematika peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring di SMKN 2, SMKN 3, dan SMKN 4 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru, dan peserta didik di SMKN Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dibuat dengan teknik deskriptif. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam di SMKN Kota Banjarmasin dimulai dengan guru melakukan perencanaan sebelum melakukan proses pembelajaran, kemudian guru melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi. Setelah itu peneliti menemukan masalah yang dihadapi oleh peserta didik seperti terkendalanya jaringan internet, peserta didik tidak memiliki HP dan Laptop, masih terdapat peserta didik yang malas dalam menyelesaikan tugas serta sulitnya dalam melaksanakan pembelajaran praktik. Kemudian upaya dalam menyelesaikan problematika yang dihadapi peserta didik yaitu pihak sekolah memberikan kuota gratis, menyediakan lab komputer untuk peserta didik yang tidak memiliki HP dan laptop. Serta upaya orang tua terhadap peserta didik yaitu mereka memberikan dorongan, motivasi dan perhatian dan melakukan pengawasan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam secara daring.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Ahmad Gajali Badran
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:09
Last Modified: 23 Mar 2021 06:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15975

Actions (login required)

View Item View Item