EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ HAMDANI HUSEIN PADA MAJELIS TAKLIM DI KOTA BANJARMASIN

Fajar, Achmat (2020) KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ HAMDANI HUSEIN PADA MAJELIS TAKLIM DI KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (857kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (319kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Metode dakwah seorang da’i yang bernama Ustadz Hamdani Husein sangatlah menarik dan variatif, komunikasi dakwah yang beliau bawakan adalah tidak hanya dengan penyampaian sebuah informasi berupa ilmu akan tetapi sekaligus aksi atau praktik dari ilmu tersebut. Oleh karena itu, Ustadz Hamdani Husein yang menjadi seorang da’i di majelis taklim digemari oleh para mad’unya pada majelis taklim yang beliau pimpin. Metode yang beliau bawakan memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan da’i yang lain. Majelis taklim yang dimaksud dalam penelitian ini adalah majelis taklim yang beliau pimpin di dua musholla yang berbeda, yaitu majelis taklim di musholla Al Aman dan majelis taklim di musholla Al Ihsan. Komunikasi dakwah yang beliau sampaikan adalah dengan media lisan. Ustadz Hamdani Husein bertindak sebagai seorang komunikator dan mad’u yang hadir mendengarkan sebagai komunikan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah komunikasi dakwah Ustadz Hamdani Husein pada majelis taklim di Kota Banjarmasin dengan membuat unsur-unsur komunikasi dan unsur-unsur dakwah. Unsur-unsur tersebut adalah, komunikator (da’i), komunikan (mad’u), metode, materi, media (wasilah), dan efek (feedback). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data dalam bentuk deskriptif dan naratif berupa kata-kata tertulis dari sumber data dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan empat macam teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dokumentasim dan triangulasi atau gabungan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisi data model Miles dan Huberman yang berisikan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan serta verifikasi. Adapun hasil penelitian ini, komunikasi dakwah Ustadz Hamdani Husein pada majelis taklim di kota Banjarmasin adalah 1) Media yang digunakan dengan bil-lisan, beliau menggunakan lisan dengan membacakan kitab yang dibawakan pada tiap-tiap majelis taklim yang beliau pimpin, sedangkan metode dakwahnya adalah metode yang terdapat dalam surah An-Nahl ayat 125, yaitu metode bil-hikmah dan metode mau’izhah hasanah, 2) Mad’u yang paling banyak hadir di majelis taklim beliau adalah mad’u dari wanita, 3) Ustadz Hamdani Husein tidak hanya mengajarkan ilmu saja, tetapi amaliah dalam kehidupan sehari-hari juga beliau sampaikan kepada mad’u, 4) Isi pesan yang beliau sampaikan dapat dengan mudah diterima oleh mad’u.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 19 May 2021 06:12
Last Modified: 19 May 2021 06:12
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16228

Actions (login required)

View Item View Item