EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

SISTEM OPERASIONAL PT. WAHDAN SABILANA DALAM REKRUITMEN JEMAAH HAJI KHUSUS DAN UMRAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Mahdalina, Mahdalina (2021) SISTEM OPERASIONAL PT. WAHDAN SABILANA DALAM REKRUITMEN JEMAAH HAJI KHUSUS DAN UMRAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (927kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Antara haji khusus dan haji reguler berbeda dari segi pemasaran dan pelayanan, biaya haji khusus terbilang lebih mahal karena masa tunggu 3-5 tahun saja. sedangkan umrah dilakukan bisa setiap bulan dan biaya yang murah. Permasalahan yang diteliti berkenaan dengan sistem operasional PT. Wahdan Sabilana dalam rekruitmen jemaah haji khusus dan umrah di kantor pusat Banjarmasin Utara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dilakukan dengan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Direktur Operasional sekaligus pembimbing ibadah di PT. Wahdan Sabilana Banjarmasin Utara, 1 orang karyawan bagian operasional, 1 orang kasi bina umrah dan haji khusus Kementerian Agama Banjarmasin Bina Kasi Umrah dan Haji Khusus . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman dan alisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem operasional PT. Wahdan Sabilana sudah baik karena pada pelaksanaannya sesuai dengan PMA No. 23 tahun 2016 tentang penyelenggaraan haji khusus dan PMA No. 8 tahun 2018 tentang umrah. Sistem operaional itu meliputi sistem pemasaran (1) strategi pemasaran, terdiri dari sistem B2B yaitu bekerjasama dengan perusahaan lain seperti PT. Kaltrabu, dan C2C yaitu kerjasama dengan agen-agen travel (2) Data jemaah umrah dan jumlah jemaah haji khusus, yaitu data jemaah haji khusus 40 orang setiap tahun tersebar diberbagai daerah khususnya Kalimantan Selatan, sedangkan untuk jemaah umrah tahun 2019 sebelum covid-19 rekruitmen 6323 dengan waiting List 529. Sistem operasional (1)Administrasi (2)Transportasi (3)Kesehatan, PT. Wahdan Sabilana memvaksinasi jemaah yang ingin berangkat (4)Konsumsi, PT. Wahdan Sabilana Memberikan makanan khas Indonesia dengan standar bintang 5 bagi jemaah haji khusus (5)Akomodasi. Meskipun masih terdapat kekurangan-kekurangan dalam pemasaran karena terkendala covid-19 dan dalam pelayanan yang diberikan khususnya pelayanan kesehatan sudah sesuai dengan protokol kesehatan, PT Wahdan Sabilana dapat memaksimalkan faktor pendukung (tempat strategis, harga yang murah, pembimbing ibadah yang berkualitas kebanyakan lulusan Mesir, strategi pasar B2B dan C2C). Secara keseluruhan pemasaran dan pelayanan yang diberikan PT. Wahdan Sabilana sudah bagus.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Jul 2021 01:48
Last Modified: 01 Jul 2021 01:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16371

Actions (login required)

View Item View Item