EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS KESESUAIAN AKAD WADI’AH YAD DHAMANAH PADA PRODUK WADI’AH DI BMT KHAIRUL IKHWAN MARTAPURA

Hartina, Sri (2021) ANALISIS KESESUAIAN AKAD WADI’AH YAD DHAMANAH PADA PRODUK WADI’AH DI BMT KHAIRUL IKHWAN MARTAPURA. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (780kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (436kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa BMT Khairul Ikhwan yang berhasil menaikkan jumlah nasabahnya sebesar 14% setiap tahun yang disebabkan oleh produk unggulan yaitu produk wadi’ah, salah satunya adalah dengan akad wadi’ah yad dhamanah yaitu akad wadi’ah yang penerima dana diperbolehkan menggunakan dananya untuk pembiayaan sedangkan penitip dana dapat mengambil dananya setiap waktu dan mendapatkan bonus. Maka, penulis tertarik untuk mengukur kesyariahan produk tersebut agar tidak ada pihak yang dirugikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akad wadi’ah yad dhamanah pada produk wadi’ah dan untuk mengetahui kesesuaian akad wadi’ah yad dhamanah dengan fatwa DSN No: 02/DSN-MUI/IV/2000 di BMT Khairul Ikhwan Martapura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua pengurus dan staf Khusus yang menangani produk wadi’ah dengan objek kesesuian akad wadi’ah yad dhamanah pada produk wadi’ah di BMT Khairul Ikhwan Martapura. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan teknis analisis deskriptif-kualitatif Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan temuan-temuan: Pertama, penerapan akad wadi’ah yad dhamanah di BMT Khairul Ikhwan yaitu dana yang didapatkan dari tabungan nasabah boleh digunakan untuk pemberian pembiayaan. Atas hal tersebut maka pihak BMT berhak memberikan kompensasi kepada anggotanya dalam bentuk bonus yang telah dijanjikan dari awal akad. Kedua, praktik wadi’ah yad dhamanah di BMT Khairul Ikhwan belum sesuai sepenuhnya dengan fatwa DSN No: 02/DSN-MUI/IV/2000. Dari aspek simpanan atau tabungan yang dapat diambil kapan saja (on call) atau berdasarkan kesepakatan praktik wadi’ah tersebut sudah sesuai dengan fatwa DSN. Akan tetapi, dari segi adanya imbalan atau bonus yang dijanjikan diawal penandatanganan akad wadi’ah yad dhamanah belum sesuai dengan fatwa DSN.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Jul 2021 01:47
Last Modified: 01 Jul 2021 01:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16374

Actions (login required)

View Item View Item