EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENDIDIKAN KEAGAMAAN ANAK PADA KELUARGA SINGLE PARENT DI KELURAHAN TELUK TIRAM KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN (ANALISIS SOSIO-EKONOMI, PEDAGOGIK DAN PSIKOLOGI)

Hatifah, Siti (2021) PENDIDIKAN KEAGAMAAN ANAK PADA KELUARGA SINGLE PARENT DI KELURAHAN TELUK TIRAM KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN (ANALISIS SOSIO-EKONOMI, PEDAGOGIK DAN PSIKOLOGI). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
AWAL Siti Hatifah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK Siti Hatifah.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I Siti Hatifah.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II Siti Hatifah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III Siti Hatifah.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV Siti Hatifah.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAB V Siti Hatifah.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini karena meningkatnya jumlah orang tua tunggal, minimnya pendidikan agama Islam yang diberikan oleh orang tua tunggal pada anak mereka karena kurang pemahaman mereka tentang pengetahuan dan ilmu pendidikan agama Islam serta status single parent yang dikatakan belum mampu mendidik anak-anak mereka menjadi taat beragama. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif dan dalam menyimpulkan analisis secara induktif dan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di Kelurahan Teluk Tiram Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 keluarga, masyarakat, tokoh agama dan khalayak lainnya yang dapat memberi informasi mengenai data dan informasi dalam penelitian ini serta objek dalam penelitian ini adalah pendidikan agama Islam dalam keluarga single parent di Kelurahan Teluk Tiram. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan dari hasil wawancara dan observasi pelaksanaan pendidikan keagamaan anak pada keluarga single parent yang dilaksanakan adalah pola demokratis dan laissez faire. Metode yang digunakan 4 keluarga yang sukses yaitu pembiasaan, nasihat, tanya jawab dan lebih mencontohkan. Sedangkan 4 keluarga yang belum sukses hanya menggunakan nasihat. Materi yang disampaikan 4 keluarga yang sukses lebih menekankan kepada pendidikan akidah, ibadah dan akhlak, sedangkan 4 keluarga yang belum sukses lebih sering pendidikan akhlak dan media yang disediakan 4 keluarga single parent yang sukses dengan menyediakan buku-buku Islam. Adapaun 4 keluarga yang belum sukses tidak menyediakan buku. Faktor yang menjadi pendukung dalam pendidikan agama Islam adalah doa dan keinginan dari orang tuanya agar lebih baik darinya, sedangkan faktor yang menghambat adalah faktor latar belakang pendidikan orang tua, kesibukan orang tua, lingkungan dan media massa serta faktor dari anak yang mudah bosan. Semua keluarga orang tua tunggal mendorong anak-anaknya bersosial, menghidupkan sikap kasih sayang, mengharap anak lebih sejahtera dan menjadi anak yang sholeh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Aug 2021 01:48
Last Modified: 03 Aug 2021 01:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16728

Actions (login required)

View Item View Item