EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGEMBANGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH (STUDI PADA PONDOK PESANTREN AL-MUHAJIRIN PEMANGKIH SEBERANG, PONDOK PESANTREN HIFDUL AMIN MUNDAR, PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM HANTAKAN)

Zaki, Zaki (2021) PENGEMBANGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH (STUDI PADA PONDOK PESANTREN AL-MUHAJIRIN PEMANGKIH SEBERANG, PONDOK PESANTREN HIFDUL AMIN MUNDAR, PONDOK PESANTREN RAUDHATUL ULUM HANTAKAN). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan keaslian.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Awal ZAKI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I ZAKI.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB II ZAKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III ZAKI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V ZAKI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV ZAKI.pdf

Download (630kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ZAKI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Lampiran terjemah ZAKI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
riwayat hidup ZAKI.pdf

Download (85kB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa upaya pihak pondok pesantren dalam menghadapi perubahan kebudayaan dan teknologi. Oleh sebab itu pondok pesantren dituntut untuk melakukan manuver guna membenahi proses kegiatan belajar mengajar tanpa harus merubah ciri khasnya sebagai lembaga pendidikan non formal yang independent. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis landasan apa saja yang digunakan pihak pondok pesantren dalam membuat sebuah kurikulum pembelajaran dan bentuk kurikulum seperti apa yang dicanangkan di pondok pesantren serta bagaimana pihak pondok pesantren mengimplementasikan bentuk pengembangan kurikulum tersebut di dalam kegiatan belajar mengajar di lingkungan pondok pesantren Al-Muhajirin Pemangkih Seberang, Pondok Pesantren Hifdul Amin Mundar, dan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Hantakan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian pondok pesantren Al-Muhajirin Pemangkih Seberang, Pondok Pesantren Hifdul Amin Mundar, dan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Hantakan.Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) lalandasan dasar pengembangan kurikulum pondok pesantren Al-Muhajirin Pemangkih Seberang, Pondok Pesantren Hifdul Amin Mundar, dan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Hantakan dapat dikatakan hampir sama dan disesuaikan dengan tuntutan zaman juga kemajuan teknologi saat ini.2) bentuk pengembangan kurikulum Al-Muhajirin Pemangkih Seberang, Pondok Pesantren Hifdul Amin Mundar, dan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Hantakan yaitu penyelenggaraan pendidikan sepanjang hayat (life long integrated education). Mata pelajaran yang berbasis kitab klasik/kitab kuning tetap dilaksanakan. Pondok pesantren memberikan pendidikan keterampilan baik di kelas maupun diluar kelas. 3) implementasi pengembangan kurikulum Al-Muhajirin Pemangkih Seberang, Pondok Pesantren Hifdul Amin Mundar, dan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Hantakan memang masih mempertahankan tradisi lama dengan unsur subjek akademik kitab yang sama selama bertahun-tahun, selain dari itu untuk membekali santri supaya kebutuhan dimasyarakat santri selain diberikan ijazah juga diajarkan berbagai keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Aug 2021 06:27
Last Modified: 03 Aug 2021 06:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16748

Actions (login required)

View Item View Item