EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PRAKTIK PEMANFAATAN TANAH SANDAAN YANG DISEWAKAN OLEH PEMEGANG SANDAAN (STUDI KASUS TABUNGANEN PEMURUS 1 KECAMATAN TABUNGANEN KABUPATEN BARITO KUALA)

Misbah, Siti (2021) PRAKTIK PEMANFAATAN TANAH SANDAAN YANG DISEWAKAN OLEH PEMEGANG SANDAAN (STUDI KASUS TABUNGANEN PEMURUS 1 KECAMATAN TABUNGANEN KABUPATEN BARITO KUALA). Skripsi, Syariah.

[img] Text
1. pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (181kB)
[img] Text
2. Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (172kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (489kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (91kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Gadai atau lebih dikenal oleh masyarakat Tabunganen Pemurus 1 dengan kata sanda-menyanda. Tradisi sanda-menyanda yang dilakukan oleh masyarakat di desa tersebut yaitu dengan cara pihak rahin yang menyandakan tanahnya kepada pihak murtahin, yang kemudian pihak rahin mendapatkan uang dari pihak murtahin sesuai kesepakatan perjanjian akad sandaan. Barang gadai yang ada di tangan murtahin seharusnya hanya sebatas pengikat hutang, namun yang nyatanya yang terjadi di Desa Tabunganen Pemurus 1 Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala pihak murtahin biasanya memanfaatkan tanah sandaan tersebut tanpa izin dari pihak rahin dengan cara menyewakan tanah sandaan tersebut kepada pihak lain. Akibat dari pengambilan manfaatan tanah sandaan tersebut dengan cara disewakan oleh murtahin tanpa adanya izin dari pihak rahin tidak jarang terjadi suatu sengketa antar pihak rahin dan pihak murtahin, yang mana biasanya penyelesaian sengketa tanah sandaan tersebut mereka selesaikan melalui jalur musyawarah saja karena sudah menjadi suatu kebiasaan didaerah tersebut untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cara musyawarah. Permasalahan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pemanfaatan tanah sandaan pada masyarakat Desa Tabunganen Pemurus 1 Kecamatan Tabunganen kabupaten Barito Kuala, bagaimana penyelesaian sengketa pemanfaatan tanah sandaan yang disewakan oleh pemegang sandaan di Tabunganen Pemurus 1 Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Penelitian yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Desa Tabunganen Pemurus 1 Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Untuk mendapatkan data yang valid peneliti menggunakan metode yaitu wawancara. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data terkumpul maka dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pelaksaan praktik tanah sandaan pada masyarakat Tabunganen Pemurus 1 Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala dalam hal Pratik perjanjian yang dilakukan oleh kedua belah pihak ialah dengan cara menyerahkan tanah sebagai jaminan atas hutang dan transaksi melakukan perjanjian tidak tertulis melainkan hanya secara lisan saja dan tanpa adanya saksi. Adapun dalam rukun dan syarat sudah memenuhi sesuai dengan hukum Islam. Dan dalam praktik sanda-menyanda tersebut biasanya pihak murtahin mengambil manfaat tanah sandaan tersebut dengan cara menyewakannya kepada pihak lain. Dan apabila mereka mengalami suatu sengketa karena pengambilan manfaat dari tanah sandaan tersebut biasanya mereka memilih menyelesaikan sengketa tersebut dengan cara musyawarah saja untuk mancapai suatu kesepakatan yang tidak merugikan salah satu pihak.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Aug 2021 05:15
Last Modified: 05 Aug 2021 05:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16793

Actions (login required)

View Item View Item