EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERILAKU PEMUSTAKA DALAM MELAKUKAN PENELUSURAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANJARMASIN

Husna, Nadiatul (2021) PERILAKU PEMUSTAKA DALAM MELAKUKAN PENELUSURAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (837kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (529kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Alasan yang melatarbelakangi penulis untuk meneliti adalah karena mengingat sangat pentingnya pengetahuan tentang bagaimana perilaku dalam melakukan penelusuran informasi di perpustakaan secara cepat dan tepat sehingga bisa mendapatkan hasil informasi yang akurat dan sesuai dengan yang diinginkan. Berdasarkan pengamatan masih banyak kekeliruan dalam melakukan penelusuran informasi dan kurangnya minat untuk mencari informasi di perpustakaan MAN 1 Banjarmasin. Oleh sebab itu penulis tertarik meneliti tentang perilaku pemustaka dalam melakukan penelusuran informasi di perpustakaan MAN 1 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pemustaka dan kendala dalam melakukan penelusuran informasi di perpustakaan MAN 1 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai perilaku pemustaka dalam melakukan penelusuran informasi di perpustakaan MAN 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menggunakan pengukuran dan memerlukan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di MAN 1 Banjarmasin yang berjumlah 780 siswa, sedangkan yang menjadi sample dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 5% yang menghasilkan sebanyak 264 siswa di MAN 1 Banjarmasin. Pengumpulan data penelitian ini diambil dengan cara angket, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya diproses melalui editing, coding, scoring, tabulating, dan selanjutnya dianalisis menggunakan skala pengukuran data. Berdasarkan hasil analisis data yang didapat bahwa perilaku pemustaka dalam mengenali informasi di perpustakaan MAN 1 Banjarmasin berada dalam kategori sering dengan nilai skor rata-rata 4,09, membedakan/mengidentifikasi informasi berada dalam kategori pernah dengan nilai skor rata-rata 2,34, kemampuan strategi pencarian informasi berada dalam kategori kadang-kadang dengan nilai skor rata-rata 3,21, mencari dan mengakses informasi berada dalam kategori kadang-kadang dengan nilai skor rata-rata 3,17, membandingkan dan mengevaluasi informasi berada dalam kategori pernah dengan nilai skor rata-rata 2,57, mengatur informasi secara professional berada dalam kategori pernah dengan nilai skor rata-rata 2,66, kemampuan menciptakan pengetahuan baru dan mempresentasikan berada dalam kategori kadang-kadang dengan nilai skor rata- rata 2,97, jadi diperoleh simpulan bahwa perilaku pemustaka dalam melakukan penelusuran informasi di perpustakaan MAN 1 Banjarmasin adalah kadang- kadang dengan nilai skor rata-rata 2,99 pada keseluruhan yang berada pada titik 1,81-2,61. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku pemustaka dalam melakukan penelusuan informasi perpustakaan MAN 1 Banjarmasin kadang- kadang sesuai dengan tahapan-tahapan penelusuran bisa juga kadang-kadang tidak sesuai dengan tahapan-tahapan penelusuran.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:14
Last Modified: 05 Aug 2021 06:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16796

Actions (login required)

View Item View Item