EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENDIDIKAN SHALAT DALAM KELUARGA (STUDI KASUS TERHADAP PEDAGANG PASAR TUNGGING DI DESA TATAH PEMANGKIH TENGAH)

Latifah, Latifah (2021) PENDIDIKAN SHALAT DALAM KELUARGA (STUDI KASUS TERHADAP PEDAGANG PASAR TUNGGING DI DESA TATAH PEMANGKIH TENGAH). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. Halaman Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (296kB)
[img] Text
2. Bagian awal Tesis LATIFAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Halaman Abstrak Tesis Latifah.pdf

Download (52kB)
[img] Text
4. BAB I LATIFAH 1602520050.pdf

Download (758kB)
[img] Text
5. BAB II LATIFAH 1602520050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)
[img] Text
6. BAB III LATIFAH 1602520050.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. BAB IV LATIFAH 1602520050.pdf

Download (797kB)
[img] Text
8. BAB V LATIFAH 1602520050.pdf

Download (76kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA TESIS LATIFAH.pdf

Download (325kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN TESIS LATIFAH.pdf

Download (816kB)

ABSTRAK

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan keluarga. Keluarga merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari orang tua anak mulai menerima tempaan dan pendidikan. Oleh karena itu orang tua harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, hendaklah orang tua yang berperan penting dalam pendidikan keluarga harus menerapkan pendidikan agama diawali sejak dini agar anakanaknya terbiasa melakukan ritual-ritual keagamaan sejak kecil terutama ibadah shalat. Sehingga nanti ketika beranjak dewasa mereka sudah terbiasa melakukan hal-hal keagamaan karena kegiatan keagamaan dan akhlak yang baik anak di masa mendatang berawal dari pendidikan agama dari keluarga sejak dini. Karena shalat dalam Islam memiliki kedudukan yang sangat tinggi, yaitu sebagai rukun islam yang kedua dan sebagai tiang agama, serta menjadi lambang hubungan yang kokoh antara Allah dan manusia. Jika dikaitkan akan pentingya shalat dengan realita kehidupan khususnya bagi pedagang pasar tungging yang mengharuskan berjualan dari sore hingga malam hari, maka maka peneliti sangat ingin mengkaji lebih jauh tentang pendidikan shalat yang dilakukan para pedagang pasar tungging dalam keluarga, lebih khusus terhadap anak-anak mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan alasan agar memberikan rincian yang kompleks tentang fenomena yang tidak dapat diungkapkan dengan metode kualitatif dan untuk mendapatkan hasil yang mantab melalui wawancara yang mendalam, observasi dan dukumentasi. Sedangkan jenis penelian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan tahapan-tahapan berikut: koleksi data, Reduksi data, Penyajian data, sampai pada penarikan kesimpulan dan verifikasi. Temuan penelitian ini adalah: Kewajiban sholat menurut pemahaman para pedagang pasar tungging adalah muthlak, hal ini bukan hanya tergambar dari ucapan saja yang diuangkapkah oleh para responden, namun juga tergambar dari tingkah laku dan perbuatan mereka yang rela meninggalkan dagangan mereka saat berkumandang azan maghrib tanpa menghiraukan berkurangnya omset yang akan mereka dapatkan. Oleh karena itu mereka juga menerapkannya hingga pada tahap keluarga. Ada dua Aspek pendidikan shalat yang diterapkan yaitu aspek keimanan dan aspek ibadah. Sedangkan upaya yang mereka lakukan dalam mendidik ada empat metode yakni keteladanan, pembiasaan, nasehat dan pengawasan. Selanjutnya keberhasilan dalam pendidikan keagamaan ini tidak akan luput dari peran tokoh agama dalam memberikan pengarahan dan bimbingan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Aug 2021 09:06
Last Modified: 06 Aug 2021 09:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16831

Actions (login required)

View Item View Item