EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Zakat sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak di Kota Banjarmasin

Septiyorini, Anggi (2021) Pelaksanaan Zakat sebagai Pengurang Penghasilan Kena Pajak di Kota Banjarmasin. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Di Indonesia, seorang muslim memiliki kewajiban ganda yaitu membayar pajak sebagai kewajiban sebagai warga Negara dan membayar zakat sebagai bentuk kewajiban terhadap Agama. Pemerintah memberi solusi keadaan tersebut dengan membuat aturan zakat dapat menjadi pengurang penghasilan kena pajak. Namun dalam pelaksanaannya tidak ada wajib pajak yang menerapkan aturan tersebut padahal tercatat di lembaga zakat cukup banyak masyarakat yang berpotensi untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pelaksanaan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak di Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak di Kota Banjarmasin dan hambatanhambatan dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi kemudian diolah melalui proses edit dan deskripsi dan akhirnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Berdasarkan temuan penulis pelaksanaan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak di Kota Banjarmasin telah sesuai dengan mekanisme pelaksanaan yang telah ditetapkan oleh aturanaturan terkait. Adapaun hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya yaitu kurang maksimalnya sosialisasi yang dilakukan oleh BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan dan KPP Pratama Banjarmasin Utara dan Selatan, beberapa masyarakat memisahkan antara perihal zakat dan pajak, kurangnya kepercayaan terhadap pemerintah, dan status zakat yang hanya sebagai pengurang penghasilan kena pajak.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 09 Aug 2021 01:46
Last Modified: 09 Aug 2021 01:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item View Item