EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH KESADARAN DIRI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PENGURUS UKK PRAMUKA UIN ANTASARI BANJARMASIN

Fuady, Ridha (2021) PENGARUH KESADARAN DIRI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PENGURUS UKK PRAMUKA UIN ANTASARI BANJARMASIN. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (639kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

ABSTRAK Organisasi adalah suatu kelompok yang dibentuk guna mencapai tujuan yang ditentuan. Tujuan tersebut bisa tercapai apabila pengurus di dalamnya memiliki komitmen organisasi yang bagus. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang dalam meningkatkan komitmen organisasinya. Salah satunya adalah faktor dalam dirinya, yaitu berupa kesadaran diri. Maka adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran diri terhadap komitmen organisasi UKK Pramuka UIN Antasari Banjarmasin. Berdasarkan hasil perhitungan IBM SPSS Statistics 26 nilai dari mean pada angket kesadaran diri adalah 54,03 dan standar deviasi 6,077. Kemudian, dari hasil tersebut diperoleh kategori kesadaran diri tinggi sebanyak 12,5%, rendah 9,4% dan sedang 78,1%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kesadaran diri pengurus UKK Pramuka UIN Antasari Banjarmasin menempati tingkat sedang. Kemudian, nilai mean dari angket komitmen organisasi dengan perhitungan IBM SPSS Statistics 26 adalah 76,53 dan standar deviasi 9.126. Nilai tersebut memperoleh hasil kategori tinggi sebanyak 18,8%, sedang 65,6% dan rendah 15,6%. Hal tersebut menunjukkan bahwa komitmen organisasi pengurus UKK Pramuka UIN Antasari Banjarmasin menempati tingkat sedang. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kesadaran diri dengan komitmen organisasi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel Sampling Jenuh. Instrumen pengumpulan data penelitian ini menggunakan Skala model Likert dan analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan dari pengaruh kesadaran diri terhadap komitmen organisasi adalah 0,008 lebih rendah dari standar signifikan, yaitu 0,05 (0,008<0,05) yang artinya terdapat pengaruh antara kesadaran diri terhadap komitmen organisasi pengurus UKK Pramuka UIN Antasari Banjarmasin periode 2019/2020. Kemudian, nilai R square 0,209 yang artinya variabel kesadaran diri memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi sebesar 20,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 09 Aug 2021 08:11
Last Modified: 09 Aug 2021 08:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16921

Actions (login required)

View Item View Item