EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bacaan Al-qur’an Masyarakat Desa Jelapat II Kecamatan Mekar Sari Kabupaten Barito Kuala (Studi Living Qur’an)

Isra, Muhammad (2021) Bacaan Al-qur’an Masyarakat Desa Jelapat II Kecamatan Mekar Sari Kabupaten Barito Kuala (Studi Living Qur’an). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (709kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (452kB)

ABSTRAK

Kata kunci, Bacaan Al-Qur‟an Masyarakat Desa Jelapat II. Latar belakang masalah skripsi ini bahwa Pada masa ini, teknologi komunikasi dan informasi merajai dunia dan masuk dalam kehidupan kita sehari-hari. Lebih ironis lagi, banyak masyarakat yang terbuai dengan pencitraan media itu. Jadwal sinetron kadang ikut mengatur hidup orang. Telepon seluler, facebook, twitter, dan whatsApp tak jarang membuat orang mabuk sehingga melupakan orang sekitarnya dan termasuk perhatian masyarakat terhadap Al-Qur‟an. Dengan keadaan seperti ini maka masyarakat Desa Jelapat II ada sebagian mereka yang tidak bisa membaca Al-Qur‟an dan memahami isi kandungannya. Seperti Bapak Sahrul usia Beliau kurang lebih 50 tahun sama sekali tidak bisa membaca Al-Qur‟an sampai sekarang. Karena keadaan beliau seperti itu, maka akhirnya berpengaruh kepada Anak-anak dan Istri-istrinya yang juga ikut serta tidak bisa membaca Al-Qur‟an, yang lebih memperhatinkan lagi di Rumah beliau tidak ditemukan Al-Qur‟an. Bahkan Yasin pun tidak dimilikinya. Dalam skripsi ini membahas tentang bagaimana bacaan Al-Qur‟an dan Rutinitas pembacaan Al-Qur‟an di Desa Jelapat II Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala, dengan mengambil sampel 20 orang dalam 10 Rukun tetangga. Untuk memperoleh data dimaksud penulis melakukan penelitian, menggunakan teknik penggalian data: (i). Observasi pertisipan yaitu melakukan pengamatan langsung ke lokasi penelitian berkenaan dengan bacaan Al-Qur‟an. (ii). Interview yaitu melakukan tanya jawab dengan responden dan menggali informasi dari informan. Biografi, Hukum bacaan, Makhrojul huruf, dan Rutinitas bacaan Al-Qur‟an. (iii). Dokumentasi yaitu menulis setiap jawaban dari responden, dan merekam pembicaraan responden. Dari penelitian ini ditemukan bahwa Bacaan Al-Qur‟an Masyarakat Desa Jelapat II Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala ternyata bisa dikatakan kurang benar dalam hal Ilmu Tajwidnya yang meliputi hukum-hukum bacaan, serta makhrojul hurufnya, dikarenakan rendahnya tingkat pendidikan mereka dan ketidak rutinannya dalam membaca Al-Qur‟an, sehingga menyebabkan tidak fasihnya dalam membaca AlQur‟an.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 12 Aug 2021 00:17
Last Modified: 12 Aug 2021 00:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16981

Actions (login required)

View Item View Item