EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STRATEGI DAN GAYA MENGAJAR MENURUT PERSPEKTIF KH. HASYIM AS’ARY DALAM KITAB ADĀBUL ĀLIM WAL MUTA'ALLIM

Muslih, Muslih (2021) STRATEGI DAN GAYA MENGAJAR MENURUT PERSPEKTIF KH. HASYIM AS’ARY DALAM KITAB ADĀBUL ĀLIM WAL MUTA'ALLIM. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN MUSLIH.pdf

Download (127kB)
[img] Text
AWAL MUSLIH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI MUSLIH.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB I MUSLIH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II MUSLIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III MUSLIH.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB IV MUSLIH.pdf

Download (428kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI MUSLIH.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI MUSLIH.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Strategi dan gaya mengajar sebagai sesuatu yang penting dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu seorang pendidik perlu adanya pengetahuan tentang strategi dan gaya pembelajaran. Salah satu karya yang dapat dijadikan rujukan tentang strategi dan gaya pembelajaran adalah melalui kitab. Kitab dapat dijadikan rujukan untuk mengetahui strategi dan gaya pembelajaran. Kitab Adābul ʻālim Wal Mutaʻallim karya KH. Hasyim Asy’ary merupakan kitab yang di dalamnya ada membahas bagaimana strategi dan gaya pembelajaran seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi dan gaya pembelajaran menurut perspektif KH. Hasyim Asy’ary dalam kitab Adābul ʻālim Wal Mutaʻallim. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan mengambil Kitab Adābul ʻālim Wal Mutaʻallim Karya KH. Hasyim Asy’ary sebagai sumber primer dan referensi lain yang relevan dan representatif sebagai sumber sekunder. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan sastra yaitu pendekatan objektif yang mana kajiannya secara deskriptif kualitatif..Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis isi (conten analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Strategi dalam proses pembelajaran yang terkandung dalam kitab Adābul ʻālim Wal Mutaʻallim terbagi menjadi tiga klasifikasi, adapun tiga klasifikasi itu ialah pada saat proses pembelajaran, Strategi berkomunikasi, dan strategi dalam memilih, mengambangkan, dan menggunakan media dan selaras dengan strategi pembelajaran (SPE). (2) Gaya pembelajaran yang terkandung dalam kitab Adābul ʻālim Wal Mutaʻallim ialah gaya menyampaikan materi, dan gaya berkomunikasi dan selaras dengan gaya pembelajaran yang demokratis.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:13
Last Modified: 12 Aug 2021 02:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16986

Actions (login required)

View Item View Item