EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Kepada Anak di Panti Asuhan Kasih Ibu Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong

Oktaviana, Ayu (2021) Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Kepada Anak di Panti Asuhan Kasih Ibu Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (462kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Kepada Anak di Panti Asuhan Kasih Ibu Kecamaan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha pengasuh dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada anak di panti asuhan Kasih Ibu Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong serta faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada anak di Panti Asuhan Kasih Ibu Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penyajian data yang digunakan adalah editing data, klasifikasi data, dan interpretasi data. Sedangkan analasis data mengunakan analisis deskriftif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pengasuh, Pengurus, Ketua panti, dan 10 anak asuh di panti asuhan Kasih Ibu Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Objek penelitian yaitu usaha pengasuh dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada anak di Panti Asuhan Kasih Ibu. Faktor-faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada anak di Panti Asuhan Kasih Ibu. Faktorfaktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada anak di Panti Asuhan Kasih Ibu. Hasil dari penelitian ini bahwa usaha pengasuh dalam menanamkan nilainilai akhlak kepada anak di panti asuhan Kasih Ibu Kecamatan Murung Pudak sudah cukup baik dan dilakukan dengan pembiasaan berupa kegiatan-kegiatan rutin yang ada di panti setiap hari nya seperti: sholat tahajjud, sholat 5 waktu berjamaah, piket pagi, sholat dhuha, tadarus Al-Qur`an, Mata pelajaran rutin (tajwid, tauhid, fikih, akhlak, bahasa inggris, bahasa arab), senam pagi, jumat bersih, burdah, membaca surah Yasin Al-Mulk Al-Waqiah dan Al-Kahfi, Habsyi dan khataman Al-Qur`an. Dengan metode penanaman nilai-nilai akhlak yaitu metode pembiasaan, metode nasehat, metode keteladanan, metode pengawasan dan metode hadiah dan hukuman. Faktor pendukung dalam menanamkan nilainilai akhlak kepada anak yaitu Pembelajaran dan kegiatan yang rutin dilakukan, contoh teladan langsung, Adanya bantuan dari dinas sosial serta donatur lainnya. Faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai akhlak keapada anak yaitu kesadaran diri anak asuh, faktor gadged, dan faktor lingkungan pergaulan sekitar tempat tinggal.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 16 Aug 2021 01:16
Last Modified: 16 Aug 2021 01:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17015

Actions (login required)

View Item View Item