EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Pembelajaran Fikih Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin

Hidayat, Hidayat (2021) Metode Pembelajaran Fikih Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (456kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Metode Pembelajaran Fikih Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin yang meliputi penggunaan metode pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi metode pembelajaran fikih pada masa pandemi covid-19 di Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah metode– metode pembelajaran fikih pada masa pandemi covid-19 dan faktor-faktor yang mempengaruh dalam menerapkan metode tersebut di dalam proses pembelajaran, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang ustadz pengajar pembelajaran fikih yang dan 19 orang mahasantri Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran fikih pada masa pandemi covid-19 yang paling sering digunakan oleh Ustadz di Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin adalah metode tanya jawab. Penerapan metode tanya jawab di rasa paling memungkinkan digunakan saat pembelajaran fikih pada masa pandemi covid-19 ini. Pelaksanaan pembalajaran fikih menggunakan media berupa aplikasi whatsapp, dalam pelaksanaanya ada 13 grub whatsapp yang diganakan guna menunjang serta mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran online. Sebelum pembelajaran dilaksanakan di asrama IV para mahasantri yang berjumlah 200 orang dibagi menjadi 12 kelompok yang nanti setiap kelompoknya akan dibimbing oleh 1 orang musyrif dan masing-masing kelompok mempunyai grub whtasapp sedangkan satu grubnya lagi berisikan para dewan musyrif dan 1 orang ustadz pengajar. Faktor Pendukung metode pembelajaran fikih pada masa pandemi covid19 di Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Bajarmasin adanya bantuan kouta geratis dari pihak Ma’had dan waktu pembelajaran lebih fleksibel. Adapun Faktor penghambat metode pembelajaran fikih pada masa pandemi covid-19 di Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari adalah koneksi internet yang tidak stabil dikarenakan tidak semua mahasantri tinggal di tempat yang mempunyai jaringan internet yang bagus.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:50
Last Modified: 19 Aug 2021 07:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17097

Actions (login required)

View Item View Item